Idul Adha Perkuat Toleransi dan Solidaritas Sosial

Idul Adha Perkuat Toleransi dan Solidaritas Sosial

Dr. Mohammad Bahruddin, M.A Ketua FKUB Lampung. Foto Dok--

Oleh:

Dr. Mohammad Bahruddin, M.A

Ketua FKUB Lampung

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tidak lama lagi umat Islam akan melaksanakan ritual dan seremonial hari raya Idul Adha 1443 H. Sehubungan dengan hal tersebut, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung berharap kiranya hari raya Idul Adha tahun ini dapat memperkuat toleransi dan solidaritas social di Sai Bumi Ruwa Jurai ini.

 Semoga Tri Kerukunan Umat Beragama, yaitu kerukunan intern umat beragama, antar umat beragama dan antara umat beragama dengan Pemerintah dapat terwujud dalam kancah kehidupan yang nyata.

Terkait kerukunan intern uamt beragama, dimana pada tahun ini ada perbedaan waktu pelaksanaan antara Pemerintah dengan Muhammadiyah dan Arab Saudi, FKUB meminta kepada seluruh umat Islam untuk semakin dewasa, arif dan bijaksana menyikapi hal tersebut. Perbedaan ini jangan dijadikan “komoditas” untuk perdebatan yang kontra produktif, sebab sejatinya masing-masing pihak memiliki dasar yang kuat dari Alquran dan Hadis. 

Demikian pula sebaliknya Alquran dan Hadis memberikan ruang bagi adanya perbedaan pendapat dan amaliah dalam masalah-masalah yang sifatnya furu’iyah, bukan masalah-masalah ushuliyah.

Untuk kerukunan antar umat beragama, FKUB berharap Indul Adha tahun ada dapat dijadikan momentum untuk memperkuat solidaritas social yang diwujudkan dengan cara berbagi daging kurban tanpa membedakan agama warga msyarakat, karena mayoritas ulama membolehkan berbagi daging kurban kepada selain umat Islam.

Sedangkan untuk aspek kerukunan antara umat beragama dengan Pemerintah, FKUB berharap seluruh umat beragama tetap merawat keharmonisan dengan semua aparat Pemerintah, tidak berprasangka buruk, khususnya terkait adanya perbedaan penetapan hari raya Idul Adha. 

Kalau pun ada kritik, harus disampaikan dengan arif dan bijaksana. Sungguh, damai itu indah, rukun itu menyenangkan.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: