Iklan Bos Aca Header Detail

UTI Adakan Pelatihan Media Evaluasi Pembelajaran Gunakan Quizizz

UTI Adakan Pelatihan Media Evaluasi Pembelajaran Gunakan Quizizz

Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Adakan Pelatihan pembuatan media evaluasi pembelajaran Matematika dengan menggunakan Quizizz bagi Siswa SMK Al-Huda, Jatiagung. Foto Dok UTI--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) pada Siswa SMK Al-Huda Jatiagung, Lampung Selatan, pada Rabu, 16 Maret 2022. 

Adapun tim dosen yang terlibat dalam pelatihan ini adalah Nicky Dwi Puspaningtyas dan Putri Sukma Dewi dari Prodi Pendidikan Matematika dengan Tim Mahasiswa Intan Mauliya dan Putri Meilia Asmara. 

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMK AL-Huda Jatiagung, Joko Widodo dan turut dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Sri Murtiniwati, dewan guru, dan laboran. Peserta dalam kegiatan ini adalah 20 siswa yang dipilih berdasarkan rekomendasi dari pihak sekolah. 

Tim Dosen PKM UTI, Nicky Dwi Puspaningtyas menyampaikan bahwa Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa pelatihan pembuatan media evaluasi pembelajaran Matematika dengan menggunakan Quizizz. 

BACA JUGA:Mas Bechi, Tersangka Pencabul Santriwati di Jombang Dijerat Pasal Berlapis, Ini Ancaman Hukumannya

"Pengintegrasian ilmu pengetahuan dan teknologi sangat dibutuhkan oleh siswa dalam proses belajar mengajar. Salah satu web tool yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah Quizziz," kata Nicky. 

Nicky juga menyampaikan bahwa Web tool ini digunakan untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. 

"Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga empat pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan," kata Dosen Prodi Matematika UTI

Sementara, Putri Sukma Dewi, Tim Dosen PKM dari Prodi Pendidikan Matematika UTI menambahkan Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. 

BACA JUGA:Kisah Sedih Dari Jombang

Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. 

Hal yang menarik dari Quizizz adalah adanya skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antar peserta. 

Berdasarkan hasil wawancara pada guru matematika SMK Al-Huda Jatiagung, evaluasi dan pembelajaran daring dilaksanakan melalui Google Classroom dan WhatsApp. 

Hal ini menyebabkan kurangnya motivasi dari siswa terhadap pembelajaran di sekolah. Disini lain, pelajaran matematika bukan menjadi pelajaran favorit bagi siswa SMK Al-Huda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: