Hari Pertama, Suasana Haru Selimuti Kunjungan Keluarga di Rutan Krui

Hari Pertama, Suasana Haru Selimuti Kunjungan Keluarga di Rutan Krui

FOTO DOK. RUTAN KELAS IIB KRUI - Rutan Kelas IIB Krui, mulai membuka layanan kunjungan tatap muka bagi keluarga kepada WBP, Minggu 10 Juli 2022, bertepatan dengan hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. --

PESISIR BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) membuka layanan kunjungan tatap muka oleh keluarga kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), mulai Minggu 10 Juli 2022. Bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Kepala Rutan Kelas IIB Krui M. Hendra Ibmansyah melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan Dadang Adi Patianum mengatakan, kunjungan tatap muka terhadap keluarga WBP itu dimulai hari ini. Tetap dengan aturan yang berlaku. Salah satunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Sesuai intruksi dari pusat, untuk layanan tatap muka sudah bisa dilaksanakan, dengan mematuhi aturan yang berlaku,” kata Dadang Adi Patianum.

Karena itu, kata Dadang Adi Patianum, pada hari pertama layanan tatap muka itu dibuka, banyak keluarga WBP yang datang untuk membesuk di Rutan Krui ini. Bahkan, suasana haru juga sempat menyelimuti kunjungan tatap muka pihak keluarga WBP tersebut.

BACA JUGA:Keren, Idul Adha Tanpa Sampah Plastik di Pringsewu

Mengingat, sudah sekitar dua tahun sejak pandemi Covid-19 untuk layanan tatap muka itu ditiadakan. Dan baru bisa kembali dilaksanakan saat ini.

“Karena itu bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha ini merupakan momen yang cukup berharga bagi pihak keluarga maupun WBP Rutan Krui. Untuk bisa kembali bertemu dan bertatap muka langsung dengan keluarganya,” jelas Dadang Adi Patianum.

Masih kata Dadang Adi Patianum, isak tangis sempat mewarnai dalam pertemuan WBP dengan keluarganya tersebut. Mudah-mudahan layanan kunjungan tatap muka untuk keluarga kepada WBP itu benar-benar dimanfaatkan dengan baik.

Karena secara tidak langsung, kunjungan terhadap pihak keluarganya itu akan berdampak terhadap psikologis WBP. Dengan harapan kedepan bisa menjadi lebih baik dan kembali menuju jalan yang benar di tengah masyarakat.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Adha, Dirut PLN Pantau Langsung Keandalan Sistem Kelistrikan

Pihaknya juga kembali mengingatkan bagi pihak keluarga WBP yang hendak berkunjung untuk dapat mematahui aturan yang berlaku. “Karena memang itu merupakan peraturan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenkumham RI, dan kunjungan tatap muka itu juga akan dilaksanakan secara bertahap,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: