Innalillahi, 36 Jemaah Haji Indonesia Wafat

Innalillahi, 36 Jemaah Haji Indonesia Wafat

ILUSTRASI/FOTO KEMENAG.GO.ID --

MEKKAH, RADARLAMPUNG.CO.ID - Jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia bertambah tiga orang. Hingga Senin 11 Juli 2022, total sebanyak 36 orang. 

Tiga orang atas nama Titik Andayani Suwadi (50) asal SUB 36, embarkasi Surabaya.

Kemudian Indra Sakti Lubis (60), kloter MES 04 dari embarkasi Medan dan Abdul Manaf Dahlan Abu Bakar, kloter BTJ01, asal embarkasi Aceh.     

“Jumlah jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 36 orang,” kata Plh. Biro Humas, Data dan Informasi KementerianAgama Wawan Djunaedi, Senin 11 Juli 2022. 

BACA JUGA: Mohon Maaf Lahir dan Batin, Bupati Tanggamus Juga Ajak Doakan Jemaah Haji

Wawan Djunaedi menturkan, total jemaah haji Indonesia yang sakit 190 orang. Sebanyak 16 jemaah dirawat di RSAS Al Noer Makkah. Kemudian 174 lainnya menjalani perawatan di KKHI Mekkah. 

Sementara, sebagian jemaah haji Indonesia mulai bergser ke Mekkah, Senin 11 Juli 2022. Mereka yang mengambil pilihan nafar awal, menginap di Mina hingga hari ini.

Wawan Djunaedi mengatakan, jemaah haji yang mengambil nafar tsani akan mabit di Mina hingga 13 Zulhijah.

Untuk jadwal lontar jumrah jemaah haji Indonesia, dimulai pukul 06.00 WAS. Untuk yang mengambil nafar awal, usai melontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah, sebagian langsung kembali ke hotel.

BACA JUGA: Khutbah Arafah, Mohammad Mukri Sampaikan Hikmah Haji Akbar dan Pesan Moderasi Beragama

Terutama jemaah haji yang tinggal di kawasan dekat jamarat, seperti Raudhah dan Syisah.

"Kepada para petugas haji Makkah, agar tetap siaga di tempat akomodasi/ pemondokan, dan bersiap untuk menyambut jemaah haji Indonesia," sebut Wawan dalam konferensi pers, Senin 11 Juli 202, sebagaimana dikutip Kemenag.go.id. 

Dilanjutkan, jemaah haji Indonesia  yang sudah berada di Mekkah, akan melaksanakan thawaf ifadlah dan sa'i di Masjidil Haram. 

Artinya, untuk beberapa hari ke depan, kepadatan aktivitas jemaah akan bergeser ke Masjidil Haram. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: