Cheng Yu Pilihan: Ignasius Jonan: Yu Bu Zhuo, Bu Cheng Qi, Ren Bu Xue, Bu Zhi Dao

Cheng Yu Pilihan: Ignasius Jonan: Yu Bu Zhuo, Bu Cheng Qi, Ren Bu Xue, Bu Zhi Dao

--

IGNASIUS Jonan mengirimi foto saat ditanya ungkapan Tiongkok klasik favoritnya. Isinya aksara Mandarin "玉不琢,不成器,人不学,不知道". Yang bacaannya: yù bù zhuó, bù chéng qì, rén bù xué, bù zhī dào. 

Dibawahnya ada terjemahan bahasa Inggrisnya: a gem is not polished without rubbing, nor a man perfected without trials. 

Batu giok tidak akan menjadi hiasan indah kalau tidak diasah, manusia tidak akan pintar jika tidak belajar.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Prof Yohanes Surya, Qian Li Zhi Xing, Shi Yu Zu Xia

Kalimat itu berasal dari kitab Liji (礼记) yang dikompilasi Konfusius beserta murid-muridnya. 

Di sana tertulis kebijaksanaan-kebijaksanaan, tata krama, spiritualitas yang dipraktikkan oleh masyarakat dan petinggi Tiongkok sejak ribuan tahun sebelum masehi –yang, bila sudi, sebenarnya juga tidak sedikit yang layak kita teladani.

Memang, tanpa adanya ikhtiar, segala hal tidak akan pernah terwujud. Masalah sesulit apapun, kalau diusahakan, akan terpecahkan juga pada akhirnya. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Pendiri VIVERE Group Dedy Rochimat, Xun Xu Jian Jin

Sastrawan dinasti Qing Peng Duanshu 彭端淑 pernah bertanya retoris, "Adakah yang sulit atau yang mudah di dunia ini? Kalau dikerjakan, yang sulit akan mudah. Kalau tidak dikerjakan, yang mudah akan sulit" (天下事有难易乎?为之,则难者亦易矣;不为,则易者亦难矣). 

Ruwetnya problem perkeretaapian di Indonesia, misalnya. Selama hampir enam tahun menjabat direktur utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Jonan berhasil mengubah wajah KAI menjadi transportasi umum yang jauh lebih berkelas dan beradab.

Pemandangan orang-orang yang duduk di atas gerbong kereta sudah tak ada. Desak-desakan antre tiket dan masuk kereta hilang seketika. Gerbong ekonomi pun pakai pendingin udara.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Jahja B. Soenarjo, Ping Liu Huan Jin

Jika kita mencari orang yang dibilang Konfusius sebagai "orang yang budiman" (君子 jūn zǐ) di mana ciri-cirinya adalah "irit bicara, tapi tangkas bekerja" (讷于言而敏于行 nè yú yán ér mǐn yú xíng), maka Jonan adalah salah satunya. 

Ketika diberi kesempatan door stop pun, wartawan masih pikir dua kali untuk mewawancarai mantan menteri perhubungan tersebut. Soalnya, sulit berharap akan dapat berita baru darinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: