Alasan Dibalik Murahnya Tarif Penerbangan Garuda Indonesia

Alasan Dibalik Murahnya Tarif Penerbangan Garuda Indonesia

Garuda Indonesia--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ada alasan dibalik murahnya tarif penerbangan Garuda Indonesia.

Diketahui saat ini, penerbangan Garuda Indonesia menjadi yang termurah dibandingkan dengan penerbangan lainnya.

Diintip dari Traveloka.com, per tanggal 19 Juli 2022 tarif penerbangan untuk tujuan Lampung - Jakarta hanya dipatok seharga Rp603.900 per orang.

Padahal, untuk penerbangan lain dengan tujuan yang sama di tanggal 19 Juli 2022, rata-rata berkisar diangka Rp856.200 sampai Rp997.700 per orang.

BACA JUGA:Tangguh Tak Goyah di UMKM, BRI Jauh dari Epicentrum Krisis Ekonomi Global

Sumber Radarlampung.co.id menyebutkan, untuk saat ini Garuda Indonesia memang mematok tarif penerbangan tujuan Lampung - Jakarta sebesar Rp600 ribu.

Namun menariknya, harga ini disematkan bukan lantaran Garuda Indonesia sedang mengadakan promo besar-besaran. Mengingat pada masa-masa dulu, tarif penerbangan Garuda Indonesia tidak semurah saat ini.

Dijelaskan, penurunan harga tiket menjadi Rp600 ribu itu lantaran adanya kebijakan pemerintah yakni Keputusan Menteri Perhubungan RI nomor KM 106 tahun 2019.

Adapun keputusan ini mengatur tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

BACA JUGA:PLN Tingkatkan Kinerja Melalui Penguatan Implementasi Budaya

Adanya aturan tersebut membuat Garuda Indonesia akhirnya menurunkan harga tiket yang tadinya berkisar diangka Rp900 ribuan menjadi Rp600 ribuan di tahun 2015 hingga saat ini.

Dikatakan juga, aturan ini tentu harus diikuti semua penerbangan yang beroperasi di dalam negeri. Namun sayangnya, aturan batas atas tersebut tidak pernah direvisi sejak tahun 2015.

Padahal, biaya operasional seperti avtur atau bahan bakar yang digunakan pesawat terus mengalami perubahan harga setiap tahunnya.

Dengan begitu, biaya operasional yang dikeluarkan setiap kali penerbangan juga jadi tidak tertutupi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: