Distanak Lampura Vaksinasi 4.000 Sapi

Distanak Lampura Vaksinasi 4.000 Sapi

Sebanyak 4.000 ekor sapi telah diberi vaksin penyakit mulut dan kaki (PMK) tahap kedua, Rabu, 20 Juli 2022.--

RADARLAMPUNG.CO.ID -  Sebanyak 4.000 ekor sapi telah diberi vaksin penyakit mulut dan kaki (PMK) tahap kedua, Rabu, 20 Juli 2022.

Kabid Peternakan, Dinas Pertanian Lampura, Yudhi Bachtiar,  mengungkapkan sampai dengan saat ini pihaknya telah melaksanakan penyuntikan vaksin PMK tahap kedua.

Yakni, sebanyak 4.000 ekor sapi, setelah sebelumnya 3.000 dosis pada tahap pertama.

"Sehingga total dosis vaksin yang telah disuntikkan pada ternak berkuku sebanyak 7.500 hewan," ujarnya Yudhi mewakili Kepala Dinas Pertanian, Wahab.

BACA JUGA:Alasan Dibalik Murahnya Tarif Penerbangan Garuda Indonesia

Vaksinasi, khusus untuk tahap kedua itu menurutnya masih difokuskan kepada hewan ternak sapi.

"Utamanya, sapi sebab untuk saat ini yang banyak diserang ialah sapi. Sementara yang lain, masih menunggu petunjuk pemerintah," terangnya.

Selain, kata dia, pemberian vaksin dinas pertanian melalui petugas dilapangan juga rutin mengecek kesehatan hewan. Dalam upaya mengantisipasi penyebaran dilapangan.

"Selain itu, dengan mengandeng elemen masyarakat desa dan kecamatan. Sehingga, bila terjadi kasus cepat dicarikan solusi dan tidak menjadi endemik," tambahnya.

BACA JUGA:Pengacara Ungkap Temuan Luka Lilitan di Leher Brigadir J

Merujuk data Dinas Pertanian Lampura, ternak berkuku berjumlah 119.988 ekor. Terdiri atas sapi 32.490; kerbau 1.348; kambing/domba 85.375; babi 775.

"Alhamdulillah sampai dengan saat ini tidak ada efek samping, atau bahkan mengurangi populasi hewan atas pemberian vaksin ditempat kita. Sebab apa?, Itu diberikan untuk menjaga hewan dari penyakit (kekebalan), khususnya PMK," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: