Stop, Keluar Masuk Hewan Ternak di Metro Harus Lewat Cek Poin Dulu

Stop, Keluar Masuk Hewan Ternak di Metro Harus Lewat Cek Poin Dulu

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Metro Hery Wiratno. --

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) METRO menyiapkan pos pemeriksaan atau pos cek poin untuk lalu lintas hewan ternak di Bumi Sai Wawai. Hal tersebut sebagai upaya peningkatan pengawasan terhadap hewan ternak. Kedatangan dan keberangkatan hewan ternak akan melalui cek poin tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Metro Hery Wiratno mengatakan, pengadaan pos cek poin tersebut untuk memeriksa Surat Keterangan Sehat Hewan (SKKH).

Sebab, ditemukan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan dari luar Metro saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang lalu.

Dia mengatakan, pendirian pos cek poin tersebut harus segera dilakukan. Guna memutus mata rantai penyebaran kasus PMK pada hewan ternak yang ada di Kota Metro.

BACA JUGA:Terdesak untuk Beli Rokok, Otak Pencuri Mesin Giling Unila Nekat Mencuri

"Iya, kita ada pos cek poin. Nanti di situ ada Polres, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan dari kami. Cek poin ini untuk mengecek kesehatan hewan beserta SKKH-nya," kata dia, Jumat 22 Juli 2022. 

Dia menuturkan, personil cek poin nantinya akan melakukan pengecekan terhadap SKKH dan kesehatan hewan ternak itu ketika hendak masuk ataupun keluar dari Kota Metro. 

"Jitu akan kita cek ketika akan keluar atau pun masuk. Lokasi cek poin dilakukan di lokasi hewan datang dan keluar dari Metro," tukasnya.

Ia menambahkan, dalam upaya pencegahan penyebaran PMK, pihaknya pun tengah melakukan vaksinasi hewan ternak. "Vaksinasi dilakukan pada zona hijau dan hewan ternak yang sehat," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: