Berlibur Sambil Menjaring Kepiting Rajungan di Teluk Semaka Kotaagung

Berlibur Sambil Menjaring Kepiting Rajungan di Teluk Semaka Kotaagung

FOTO EDI HERLIANSYAH - Sejumlah warga Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, kerap mengisi hari libur dengan aktivitas menjaring kepiting di pesisir laut Teluk Semaka.--

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Selain memiliki potensi wisata nan indah, di Teluk Semaka Kotaagung, Tanggamus, juga terdapat beragam biota laut salah satunya kepiting rajungan. Karenanya, warga pesisir kerap mengisi hari libur mereka dengan Kegiatan menjaring kepiting rajungan.

Dari pengamatan radarlampung.co.id jaring perangkap kepiting yang mereka gunakan cukup sederhana. Berbentuk segi empat. Terbuat dari bahan jaring yang di dalamnya terdapat ikan segar berfungsi sebagai umpan. Setelah kepiting masuk memakan umpan ikan di dalam jaring, ia akan terperangkap dan tidak bisa keluar. 

"Sambil berlibur, menangkap kepiting. Sekaligus mengolah dan memasak hasil tangkapan kepiting di pinggir pantai, membuat suasana libur jadi berbeda,"  ungkap Nisar, salah seorang warga Kotaagung yang mengisi hari liburnya dengan aktifitas jaring kepiting, Minggu 24 Juli 2022. 

Yusda, warga lainnya, menambahkan, banyak manfaat berlibur di pesisir pantai Teluk Semaka Kotaagung sambil menangkap kepiting bersama kawan-kawan. Salah satunya, tubuh menjadi lebih bugar karena secara tidak langsung telah berolahraga. Pasalnya, untuk menuju lokasi harus berjalan kaki.  

BACA JUGA:Bolehkah Pelaku Tabrak Lari Kabur Karena Takut Diamuk Massa? Begini Penjelasan Pak Polisi

Selanjutnya, dalam aktivitas menangkap kepiting, juga harus berenang di pinggiran laut. "Jadi liburannya benar-benar beda. Buat tubuh kita bugar dan sehat. Apalagi saat sesi masak dan makan kepiting di pinggir pantai, rasanya sangat lezat," sebut Yusda .

Sebagaimana diketahui, Tanggamus memiliki beragam potensi destinasi wisata cukup  menjanjikan jika dikelola dengan baik. Seperti wisata pantai, pegunungan, air terjun dan lainnya. Untuk lokasi pantai misalnya. Ada di pesisir Kotaagung.

Selain dapat menikmati keindahan alam laut Teluk Semaka, pengunjung bisa melihat aktivitas nelayan menangkap ikan dengan menggunakan jaring tarik dari pinggir pantai. Pengunjung dapat langsung membeli ikan segar yang baru ditangkap.

Tinggal menunggu nelayan menepikan jaring dan mengangkut hasil tangkapannya ke pinggir pantai. Aktivitas nelayan ini tentunya akan sangat menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke pesisir pantai.

BACA JUGA:Pengembangan Kawasan Industri Berteknologi Tinggi Tarik Minat Investor dan Tumbuhkan Lapangan Pekerj

Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra mengatakan, aktivitas nelayan jaring tersebut berada di sejumlah lokasi pantai. ”Di antaranya pesisir pantai Way Gelang, Pantai Sukabanjar, Pantai Batu Balai, Pantai Tanjung Agung, Pantai Digul, dan lainnya,” kata Erlan Deni kepada radarlampung.co.id, Minggu 26 Juni 2022.

Terkait destinasi wisata ini, sebelumnya Pemkab Tanggamus telah menetapkan sembilan pekon sebagai desa wisata. 

Agar desa wisata itu dapat berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Tanggamus tahun ini menggandeng konsultan bidang pariwisata untuk memberikan pendampingan.    

Kepala Disparbud Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, sembilan pekon yang ditetapkan sebagai desa wisata tersebut adalah Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan. Kemudian Pekon Sukaraja, Kecamatan Semaka; Pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting; dan Pekon Kampung Baru di Kecamatan Kotaagung Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: