Mulai 1444 Hijriah, Kiswah Kabah Diganti pada 1 Muharam

Mulai 1444 Hijriah, Kiswah Kabah Diganti pada 1 Muharam

Penggantian kiswah Kabah dilakukan pada 1 Muharam 1444 Hijriah. --

MEKKAH, RADARLAMPUNG.CO.ID - Penggantian kiswah Kabah dilakukan pada 1 Muharam 1444 Hijriah. Biasanya, proses tersebut berlangsung pada 9 Zulhijah saat jemaah haji menjalani wukuf di Arafah. 

Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi, mengatakan, penggantian tersebut dilakukan untuk kali pertama pada bulan Muharam. 

"Atas perintah Raja Salman. Selanjutnya penggantian akan terus dilakukan pada 1 Muharram," kata Faris Al Mathrafi saat menerima kunjungan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief, di Mekkah, Rabu 27 Juli 2022.  

Kemudian untuk pencucian Kabah, tetap dilakukan pada tanggal 15 Muharam seperti biasanya.

BACA JUGA: Gelombang Pertama Kembali, 73 Jemaah Haji Wafat

Faris mengungkapkan, Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah yang menjadi lokasi pembuatan kiswah Kabah merupakan salah satu pusat peradaban di Makkah. 

Di sana tergabung sekitar 220 teknisi dan seniman Arab Saudi yang ikut bekerja dalam membuat kiswah dalam rentang waktu 8-10 bulan. 


Kunjungan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief, di Mekkah, Rabu 27 Juli 2022. FOTO KEMENAG.GO.ID --

"Di sini adalah produksi dengan bahan yang paling mahal di dunia. Setiap tahun biayanya sekitar 25juta Riyal Saudi," sebut Faris, sepeti dilansir dari Kemenag.go.id.

Bahan pembuatan kiswah Kabah ini terdiri dari 760 kilogram sutra Italia, 120 kilogram emas dan 100 kilogram perak dari Jerman.

BACA JUGA: Ini Bedanya, Masa Tunggu Haji Indonesia Hanya 86 Tahun, Malaysia Hingga Tiga Abad!

Dirjen Kehumasan dan Media Majma' Malik Abdul Aziz Ahmad Suheiry menyatakan, kiswah pernah dibuat di Mesir dan India, sebelum diproduksi di Mekkah Al-Mukarramah.

Pada kunjungan yang diikuti Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam dan Kadaker Makkah M Khanif, Dirjen PHU mendapat kesempatan menyulam benang emas di bagian lingkaran yang membingkai tulisan Allahu Akbar pada Kiswah.

Bagian yang disulam Hilman adalah tulisan Arab yang nantinya akan terpasang di dekat Hajar Aswad.

Sumber: