Waspada! Ini Wilayah Mesuji yang Rawan Kebakaran Lahan Gambut

Waspada! Ini Wilayah Mesuji yang Rawan Kebakaran Lahan Gambut

RADARLAMPUNG.CO.ID - Maraknya lahan gambut di kabupaten Mesuji, membuat wilayah ini rawan akan terjadi kebakaran.

Dinas pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mesuji mencatat, ada lima kecamatan yang masuk kategori rawan terjadinya kebakaran lahan ketika musim kemarau tiba.

Kepala Bidang Pemadaman kebakaran, Evakuasi dan Sarana prasarana (Damkartan Mesuji) Feri antomi mengatakan, Berdasarkan pemetaan Kabupaten Mesuji memang memiliki potensi terjadinya Karhutla.

Adapun wilayah Mesuji yang memiliki lahan gambut yang rawan terjadi kebakaran, yakni Kecamatan Rawajitu utara, Kecamatan Mesuji, Mesuji Timur, Tanjung raya dan Wayserdang.

"Lahan gambut memang rawan kebakaran sehingga penanganannya tidak bisa hanya mengandalkan kerja cepat tapi juga harus teliti karena biasanya lahan gambut atasnya tenang tapi bawahnya terbakar," ungkap Feri Antomi, pada Jumat 29 Juli 2022.

Menurutnya, untuk kejadian kebakaran Karhutla, sampai saat ini belum ada laporan ataupun penanganan kejadian kebakaran pada tahun 2022 ini.

"Tapi, kami melihat data kejadian karhutla tahun lalu, kecamatan yang kami sebutkan itu berada di daerah pinggiran sepanjang sungai Mesuji, serta area lahan perkebunan PT sawit yang berada di daerah rawa lahan tidur ditanam dengan sistem sonor," ujarnya.

Untuk itu, Feri mengajak partisipasi masyarakat dalam mengantisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan meski saat ini masih hujan.

Diberitakan radarlampung.co.id sebelumnya Pemprov Lampung menggelar rapat koordinasi khusus pembahasan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan 2022 di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung pada Kamis 28 Juli 2022.

Rapat ini mengenai penanggulangan kebakaran hutan di Provinsi Lampung. Di mana hingga Juli 2022, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung menyebut ada 1.570 titik hotspot di Lampung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: