Iklan Bos Aca Header Detail

Rakor APEKSI di Kota Padang, Bandar Lampung Akan Promosikan Hutan Kera

Rakor APEKSI di Kota Padang, Bandar Lampung Akan Promosikan Hutan Kera

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Rapat koordinasi (rakor) asosiasi pemerintah kota seluruh Indonesia (APEKSI) akan digelar pada 7-10 Agustus 2022 mendatang di Kota Padang.

Untuk menyambut rakor APEKSI tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung tengah mempersiapkan delegasi yang akan ikut menghadiri acara tersebut.

Pj.Sekkot Bandar Lampung Sukarma Wijaya mengatakan, dalam rakor APEKSI di Kota Padang akan ada kegiatan expo dan pawai budaya, serta penanaman pohon.

Pemkot Bandar Lampung pun ikut andil dalam kegiatan expo dan pawai budaya. Maka, saat ini serangkaian persiapan tengah dilakukan.

Untuk materi expo, Sukarma Wijaya membeberkan, setiap daerah akan menampilkan gambaran yang ada di daerah masing-masing yang diangkat melalui kerajinan dari produk UMKM.

Kota Bandar Lampung akan menampilkan produk UMKM binaannya seperti tapis, sulam usus, cinderamata, dan lainnya.

"UMKM itu dibawah binaan Dekranasda yang berangkat. Produk UMKMnya kita bawa. Pengranjin juga ada yang dibawa. Karena biasanya ada tampilan disana bagaiman proses pembuatan tapis, dan lainnya," terangnya

Kemudian, untuk pawai budaya, Sukarma menuturkan dari laporam disdikbud, materi yang akan diyampilkan terkait budaya Lampung

Selain budaya, pihaknya akan menampilkan hal-hal khusus lainnya, seperto terkait aset wisata Kota Bandar Lampung, yaitu hutan kera.

"Disitu (Rakor APEKSI, red) kita akan menceritakan keadaan hutan kera di Kota Bandar Lampung, akan ditampilkan," terangnya.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, menurut Sukarma juga akan menanam pohon khas Lampung. Direncanakan Eva Dwiana akan membawa pohon damar mata kucing. Karena pohon tersebut melambangkan pohon khas yang ada di Lampung.

"Damar mata kucing ini yang akan ditanam bu wali kota saat APEKSI sekaligus peresmian Tugu APEKSI di Kota Padang. Masing-masing kota akan menempatkan prasastinya di Tugu Apkesi di Padang," terangnya. 

Diketahui sebelumnya, HUT APEKSI ke 22 sendiri telah diselenggarakan tahun ini pada 27-29 Mei 2022 lalu. Kota Bandar Lampung menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan HUT APEKSI tersebut.

Pada kegiatan HUT APEKSI tersebut serangkaian kegiatan dilakukan di Kota Bandar Lampung, mulai dari expo, seminar, goes bersama para wali kota, mengunjungi tempat wisata, dan lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: