Sebelas Kloter Jemaah Haji Pulang ke Indonesia

Sebelas Kloter Jemaah Haji Pulang ke Indonesia

Pelepasan jemaah haji indonesia yang akan terbang ke tanah air. FOTO DOKUMEN KEMENAG--

MADINAH, RADARLAMPUNG.CO.ID - Hari ini, jemaah haji yang dipulangkan ke Indonesia berasal dari11 kelompok terbang. Total ada 4.425 orang.

Hingga Minggu 31 Juli 2022, jumlah jemaah haji reguler asal Indonesia yang tiba di tanah air sebanyak 47.490 orang. Kemudian jemaah haji khusus 6.828 orang.

Juru Bicara PPIH Pusat Wawan Djunaedi mengatakan, jemaah haji gelombang dua yang telah berada di Madinah sebanyak 36.605. Mereka tergabung dalam 94 kelompok terbang (kloter). 

BACA JUGA: Jemaah Haji Pringsewu Tiba Senin

”Perlu kami sampaikan bahwa saat ini seluruh jemaah masih berada di Arab Saudi adalah jemaah haji Indonesia yang masuk kelompok terbang gelombang dua dan seluruhnya telah berada di Madinah,” kata Wawan  Djunaedi di Media Center Haji, Jakarta, Minggu 31 Juli 2022. 

”Sedangkan jemaah haji Indonesia yang masuk kelompok terbang gelombang satu, seluruhnya telah dipulangkan ke tanah air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” imbuh Wawan.

Wawan menyampaikan, data jemaah sakit sebanyak 71 orang. Rinciannya, 23 dirawat di RSAS dan 48 menjalani perawatan di KKHI Mekkah. 

BACA JUGA: Gelombang Pertama Kembali, 73 Jemaah Haji Wafat

Sementara data jemaah wafat bertambah dua orang. Yakni Yulina Arifin, Asal Embarkasi Jakarta Pondok Gede dan Hannah Hasan Artam, asal Embarkasi Surabaya. 

Dengan begitu, jumah jemaah haji Indonesia yang wafat sebanyak 80 orang.

Wawan menuturkan, jemaah haji Indonesia gelombang dua diberangkatkan ke tanah air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. 

BACA JUGA: Tujuh Jemaah Haji Asal Lampung Positif Covid-19 Usai Jalani Antigen di Asrama Haji

Sebelumnya mereka berada di Mekkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji dan sunah lainnya. 

Selama berada di Madinah, jemaah akan tinggal antara 8-9 hari dengan memperhitungkan kecukupan waktu salat arbain atau salat fardhu 40 waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: