5 Usulan Nama Capres PAN Lampung Dibahas di Rakernas

5 Usulan Nama Capres PAN Lampung Dibahas di Rakernas

FOTO IST - Suasana Rakerwil PAN Lampung. --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - 5 usulan nama calon presiden ( capres ) PAN dibahas di rapat kerja nasional ( rakernas ) yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 26-28 Agustus 2022. Ini berdasarkan rapat kerja wilayah ( rakerwil ) yang diselenggarakan DPW PAN Lampung. 

Ketua Badan Pemenangan Pemilu ( Bapilu ) DPW PAN Lampung Joko Santoso mengatakan, 5 usulan nama capres PAN tersebut berdasarkan hasil penjaringan di DPD PAN di 15 kabupaten/kota di Lampung. Setelah disaring di rakereil, tahap selanjutnya adalah dibahas di rakernas. 

5 usulan capres PAN tersebut adalah Zulkifli Hasan yang merupakan Ketua Umum DPP PAN sekaligus Menteri Perdagangan. Kemudian Erick Thohir (Menteri BUMN), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Airlangga Hartarto (Ketua Umum DPP Partai Golkar), dan Anis Baswedan (Gubernur DKI Jakarta). 

"Lima nama ini akan diusulkan pada rakernas. Nanti hasil dari rakernas apa, ya tinggal kita tunggu saja," ujar Joko Santoso ketika dikonfirmasi Minggu 31 Juli 2022. 

BACA JUGA:Tabrak Kerbau di JTTS, Pengguna Jalan Tol Laporkan Pengelola ke Polres Tulang Bawang Barat

Tidak hanya mengenai usulan capres saja, Joko Santoso bilang dalam rakerwil juga membahas beberapa agenda penting kepartaian. Diantaranya, mengenai kesiapan verifikasi administrasi PAN yang dinilainya sudah sangat siap. Sebab partai politik ini juga masuk dalam sembilan besar parlemen threshold di pileg 2019.

"Utamanya tentu yang dekat adalah pemilu. Kemudian diikuti pemenangan caleg, lalu verifikasi. Tentu ada hal-hal lain yang mesti disiapkan dan dimatangkan. Misalnya mengenai saksi, ini juga ujung tombak pemenangan kita," kata Joko Santoso. 

Di dalam rakerwil juga dibahas dan dideklarasikan mengenai KIB. Diketahui koalisi indonesia bersatu terdiri dari tiga partai politik. Yakni PAN, Golkar, dan PPP

Ketua DPW PAN Lampung Irham Lan Jafar Putra menjelaskan, paska dideklarasikan di PAN akan dikakukan pertemuan lanjutan atau konsolidasi dengan Golkar dan PPP terkait strategi pemenangan calon presiden. Namun, kata Irham kembali lagi, penentuan keputusamnya ada di DPP.

BACA JUGA:Disdikbud Bandar Lampung Keluarkan Surat Edaran PTM dan Online Baru, Ini Ketentuannya

"Masing-masjng KIB ada usulan nama capres. Nanti pusat yang menggodoknya," ujar Irham.

Sementara, Sekretaris DPD Partai Golkar Lampung Ismet Roni mengatakan, Partai Golkar juga ke depan akan mendeklarasikan KIB. Dan konsolidasi akan dilakukan dalam waktu dekat. Namunnberbeda dengan PAN, saat rakernas Partai Golkar beberapa waktu lalu, seluruh kader sepakat mendukung Airlangga Hartarto untuk menjadi capres. 

"Kalau kita rakernas kan sudah. Usulannya pak Ketua Umum. Nanti dalam waktu dekat kita akan konsomidasi lintas partai di daerah," katanya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: