Tim PKM Universitas Lampung Fokus Perbaharui Hutan Mangrove di Lampung Timur

Tim PKM Universitas Lampung Fokus Perbaharui Hutan Mangrove di Lampung Timur

FOTO HUMAS UNIVERSITAS LAMPUNG --

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Lampung (Unila) fokus memperbaiki kerusakan hutan mangrove di Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

Selama ini, hutan mangrove di Desa Margasari dikelola kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Sekar Bahari. 

Kemudian, banyaknya limbah cangkang kerang yang belum dimanfaatkan memiliki potensi untuk dijadikan produk kerajinan sehingga menghasilkan nilai jual. 

Dalam hal ini, tentunya harus ada kegiatan pemanfaatan dan pemasaran meliputi pembuatan produk, promosi serta penjualan.

BACA JUGA: Luar Biasa! ACT Simpangkan Dana Boeing Hingga Rp 68 Miliar

Kegiatan pemasaran akan lebih mudah jika dilakukan melalui media sosial. Oleh sebab itu, pelatihan pembuatan website dan media sosial kepada anggota Pokdarwis perlu dilakukan agar produk dapat dikenal masyarakat luas.

Menyikapi permasalahan tersebut, sivitas akademika Universitas Lampung (Unila) berinisiasi melaksanakan kegiatan Program Kemitraan kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Pokdarwis guna mendukung pengelolaan ekowisata hutan mangrove berkelanjutan. 

Kegiatan PKM juga dilaksanakan sebagai salah satu bentuk penerapan tridarma perguruan tinggi.

BACA JUGA: Dinas PPPA dan PPKB Pesawaran Berikan Trauma Healing untuk ABG Korban Pencabulan

Kegiatan ini dilakukan tim pengabdian Unila Skema Program Kemitraan Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tahun 2022 yang diketuai Dr. Rahmat Safe’i, S.Hut., M.Si., dari program studi Magister Kehutanan, Fakultas Pertanian (FP) Unila.

Anggota tim terdiri dari Aristoteles, S.Si., M.Si., dari Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA  dan Dr. Indra Gumay Febryano, S.Hut., M.Si., program studi Magister Wilayah Pesisir dan Lautan, Pascasarjana Unila.

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PKM ini Muhammad Ilham Nurfaizi, Vio Deka Ananda, dan Tri Rizky Putra (Jurusan Kehutanan, FP Unila).

Lalu Arbi Hidyatullah, Ahmad Zulio Rizky, Salma Dara Canita, dan Zuhri Nopriyanto (Jurusan Ilmu Komputer, FMIPA Unila).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: