Ciptakan Harmonisasi Kehidupan Masyarakat di Pekon Teba

Ciptakan Harmonisasi Kehidupan Masyarakat di Pekon Teba

Pertanian merupakan bagian penting dalam kehidupan masyarakat di Pekon Teba, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pertanian merupakan bagian penting dalam kehidupan masyarakat di Pekon Teba, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Sejumlah anggota masyarakat Pekon teba masih tetap setia menjalankan profesi sebagai petani, baik sebagai pemilik lahan maupun petani penggarap.

Karenanya, air menjadi hal yang penting untuk irigasi, terutama para petani yang menanam padi. Sementara tanaman palawija hanya membutuhkan air secukupnya.   

“Air yang ada di Pekon Teba ini mengalir cukup deras. Hanya saja pada titik-titik tertentu saluran air  tertutup oleh berbagai tanaman yang tumbuh liar di bantaran sungai, sehingga agak menghambat aliran air. Tapi itu pun tidak banyak,” ujar salah satu tokoh masyarakat Pekon Teba, Suhaidi, belum lama ini.

Suhaidi juga memiliki sawah yang ditanami padi dan palawija. “Pada umumnya sawah-sawah di Pekon Teba cukup mendapatkan air. Tidak ada sawah yang mengalami kekeringan di sini,” tambah Suhaidi. 

BACA JUGA:Bikin Merinding, Ada Teriakan Minta Tolong dari Rumah Tak Berpenghuni

Rikiansyah (40) pun membenarkan apa yang disampaikan Suhaidi tersebut. “Sekarang yang perlu dilakukan adalah menjaga, merawat, dan rutin membersihkan saluran air itu agar dapat terus mengalir lancar ke sawah-sawah penduduk di pekon Teba. Dengan demikian semua petani dapat memanfaatkan air secara merata,” ujarnya.

Sementara itu, Pabrik AQUA yang juga berada di Pekon Teba, Kabupaten Tanggamus terus menjalankan kegiatan operasionalnya melalui konsep ramah lingkungan dengan mengedepankan nilai-nilai hak asasi manusia. 

Mengutamakan kualitas proses produksi, dan selalu bersinergi dengan pemangku kepentingan dan pemerintah agar sejalan dengan peraturan yang berlaku. 

Pabrik AQUA Tanggamus tidak hanya sibuk menjalankan kegiatan operasionalnya, melainkan juga giat membangun hubungan baik dengan masyarakat di sekitarnya, termasuk dengan para petani. Kepedulian Pabrik AQUA Tanggamus terhadap para petani diwujudkan melalui mengalirkan air untuk irigasi masyarakat Pekon Teba.

BACA JUGA:Tolong Pak! Jalur Dua Bandara M. Taufiq Kiemas Gelap

Air itu berasal dari sumber air di dalam pabrik AQUA Tanggamus  yang dioperasikan sejak tahun 2017. Juga digunakan untuk mengalirkan air bersih kepada masyarakat sekitar. 

“Sejak tahun 2017 sumber air di pabrik AQUA Tanggamus ini mengalirkan air bersih itu selain untuk irigas, juga dialirkan ke 165 rumah di Pekon Teba untuk pemenuhan kebutuhan air bersih sehari-hari, jelas Stakeholder Relations Manager Abdul Manaf panjang lebar. 

Selain itu, pabrik AQUA Tanggamus mengelola mata air Galih Batin yang terletak di Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Pabrik AQUA Tanggamus untuk dialirkan ke rumah-rumah penduduk di Pekon Teba, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Air di Galih Batin ini sepenuhnya digunakan untuk masyarakat dan sama sekali tidak dimanfaatkan untuk produksi Pabrik AQUA Tanggamus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: