Jelang Peringatan HUT ke-77 RI, Pemprov Lampung Gelar Malam Nusantara

Jelang Peringatan HUT ke-77 RI, Pemprov Lampung Gelar Malam Nusantara

FOTO RIMA MARETA - Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal (kanan) memberikan keterangan pers terkait persiapan Malam Nusantara yang akan digelar Senin 8 Agustus 2022.--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemprov Lampung bakal menggelar Malam Nusantara di Graha Wangsa, Bandar Lampung, pada Senin 8 Agustus 2022. Malam Nusantara dalam rangka menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan, Malam Nusantara merupakan rangkaian dari peringatan 17 Agustus sebagai HUT ke-77 RI.

"Sekaligus juga acara ini merupakan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh masyarakat Lampung yang dengan keberagaman suku budaya dan adat istiadatnya ini dapat hidup rukun berdampingan, tolong-menolong bersinergi dalam membangun Lampung," kata Riana Sari Arinal pada Minggu 7 Agustus 2022.

Kegiatan yang bakal diikuti setidaknya 300 undangan yang berasal dari forkopimda, bupati/wali kota, anggota DPRD Provinsi Lampung, JPTP di Lampung, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, dan perguruan tinggi ini, akan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Lampung.

BACA JUGA:Pawai Obor Sambut 10 Muharam di Pringsewu

"Jadi karena di Lampung ini toleransi yang sangat tinggi dan sangat baik sekali. Hal ini akan direpresentasikan dengan beraneka ragam pakaian daerah yang akan dikenakan oleh seluruh hadirin yang hadir yang datang pada malam Nusantara," lanjutnya.

Apalagi di Lampung ini banyak suku Jawa, Bali, Palembang, Batak, dan lainnya. Hal ini sesuai dengan tema Malam Nusantara ini juga ini juga mengangkat tema semangat kesatuan memajukan UMKM Lampung. 

"Jadi nanti selain menampilkan kesenian Lampung dan hiburan, di sini juga akan ada display produk-produk UMKM yang telah dilakukan pendampingan dan kurasi oleh Dekranasda Provinsi lampung yang akan ditampilkan pada saat Kriya Nusa di JCC di Jakarta nanti tanggal 21 sampai 25 September," lanjutnya.

Kriya Nusa ini ini merupakan pameran kerajinan tahunan yang berskala nasional yang diselenggarakan oleh Dekranasda Nasional. Ahamdulillah tahun ini provinsi Lampung menjadi tuan rumah atau ikonnya.

BACA JUGA:Rayakan Tahun Baru Islam 1444 H, Pengurus Masjid Nurul Hidayah Santuni 180 Anak Yatim

"Tentu saja ini merupakan apa ya hasil dari kerja keras pengrajin yang selama 2 tahun pandemi belakangan ini selalu kita kasih pelatihan-pelatihan. Kemudian kita kasih kesempatan mereka untuk mengadakan pameran kita dilibatkan di dalam lampung," katanya.

Dalam Malam Nusantara nantinya juga akan menampilkan paduan suara Sai Choir, Nania Idol, Gamolan Pekhing yang akan dibawakan oleh ibu-ibu eselon II. Ada juga Andika Mahesa 'Kangen Band'. Juga ada MC Kyai Najib dan Bikcik Waya-waya dari Palembang.

"Namun untuk undangan kami batasi, hanya 300 undangan dengan maksimal per undangan dua orang. Tidak hanya itu, peserta yang hadir akan di apresiasi 10 pakaian terbaik," ucapnya. 

Ada juga masyarakat yang ingin partisipasi ikut dengan mengirimkan baju adat atau pakaian Nusantara di upload di Instagram dengan menandai dan follow instagram @rianasariarinal dan @dekranasdalampung. Akan di pilih 10 pemenang pada 20 Juli kami umumkan di IG @dekranasdalampung," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: