Ziarah Makam Para Pahlawan Dalam Peringatan HDKD ke 77 Tahun

Ziarah Makam Para Pahlawan Dalam Peringatan HDKD ke 77 Tahun

Kegiatan ziarah makam pahlawan. Foto Istimewa--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkumham) LAMPUNG bersama seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) se-LAMPUNG, melaksanakan ziarah di taman makam pahlawan (TMP) Tanjungkarang, Jumat.

"Hari ini kita melaksanakan ziarah untuk menghormati jasa-jasa pahlawan kita sebelumnya. Perlu kita tekan kan juga kita bisa seperti ini karena jasa pahlawan," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkumham) Lampung, Edi Kurniadi, Jumat 12 Agustus 202

Dia melanjutkan ziarah tersebut diikuti oleh seluruh Kepala UPT yang ada di Lapas maupun Rutan se-Lampung. Selain memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia (RI), ziarah tersebut juga merupakan rangkaian memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 Tahun 2022.

"Rangkaian peringati HDKD ini juga kita telah banyak mrelaksanakan kegiatan di antaranya ziarah ke Makam Pahlawan, sepeda santai, jalan santai, donor darah, olahraga, dan lainnya yang dilaksanakan di seluruh Lapas dan Rutan," kata dia.

BACA JUGA:Tawuran Pelajar, Polisi Akan Panggil Orang Tua Masing-masing

Edi berpesan kepada seluruh masyarakat Lampung agar selalu menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang demi Indonesia.

"Tidak hanya dihari Agustus saja, dihati apapun kita tanamkan rasa hormat kita kepada para pahlawan kita. Jasa-jasa beliau tidak boleh kita lupakan," katanya.

Sebelum melaksanakan tabur bunga di malam pahlawan, seluruh pegawai pemasyarakatan tersebut melakukan upacara di halaman makam pahlawan. Upacara tersebut dikomandoi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA, Porman Siregar.

"Saya bersyukur dan dipercayai ditunjuk oleh pimpinan dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM untuk memimpin upacara pagi sebelum kita melaksanakan tabur bunga," katanya.

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Tegaskan Kapolri Agar Ungkap Kasus Brigadir J Terbuka dan Transparan

Porman sendiri mengajak kepada seluruh masyarakat Lampung khususnya kepada generasi muda untuk menghormati para pahlawaan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

"Sangat terharu atas perjuangan para pahlawan kita sehingga kita bisa seperti ini. Kita hari ini sebeagai generasi tinggal meneruskan saja apa yang telah ditinggalkan oleh pahlawan kita yang telah dahulu meninggalka kita. Bertepatan dengan HDKD ini juga, saya berharap supaya kita memberikan yang terbaik kepada generasi-generasi kita agar nantinya kita meninggalkan bangsa dan negara ini dapat memberikan yang terbaik terhadap generasu muda kita," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: