Inisiasi BRI Menanam, Salurkan Bibit Tanaman Produktif kepada Lahan Desa Brilian dan Nasabah KUR

Inisiasi BRI Menanam, Salurkan Bibit Tanaman Produktif kepada Lahan Desa Brilian dan Nasabah KUR

FOTO DOK. BRI - Program BRI Menanam dilaksanakan di desa-desa yang telah tergabung dalam program Desa Brilian.--

BANDAR LAMPUNG, Radarlampung.co.id - Dalam rangka mendukung implementasi program ESG (Enviroment, Social, and Governance), maka Bank BRI menginisiasi program BRI Menanam.

Program BRI Menanam merupakan inisiatif Bank BRI untuk berkontribusi menciptakan kondisi lingkungan dan sosial yang lebih baik. Melalui gerakan menanam tanaman produktif yang memiliki manfaat serta mampu mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan.

Regional CEO BRI Lampung Endah Nurhayati mengatakan, Program BRI Menanam dilaksanakan di desa-desa yang telah tergabung dalam program Desa Brilian.

Sebagai sarana pemberdayaan masyarakat desa binaan BRI. Juga melibatkan Kelompok Usaha Mekar sebagai wujud kolaborasi entitas pendukung ekosistem pelaku usaha mikro.

BACA JUGA:Potensi Tanah Longsor, Pemkab Lampura Lakukan Hal Ini

”Khusus Gerakan BRI Menanam yang dilaksanakan di Desa Brilian, Bank BRI melibatkan seluruh stakeholder desa dan nasabah BRI untuk ikut serta dalam Gerakan BRI Menanam dengan memanfaatkan lahan umum desa (sempadan sungai, bahu jalan) sampai dengan pekarangan halaman rumah nasabah menjadi lokasi tanam bibit tanaman produktif yang dibagikan BRI,” terangnya

Secara nasional, penanaman bibit pohon secara serentak meliputi 1.882 desa brilian (desa binaan BRI), 1.000 kelompok mekar dan lokasi lainnya. 1.512 BRI unit, dan 854.400 bibit pohon dari seluruh Indonesia.

Program BRI Menanam diikuti oleh 183 Desa Brilian di Regional Office Bandar Lampung sebanyak 36.600 bibit tanaman produktif. Dan 33.750 nasabah KUR BRI untuk menanam 33.750 bibit tanaman produktif.

Pada tanggal 19 Agustus 2022 telah dilakukan launching penanaman  serentak pada pukul 08.00 WIB di tujuh titik yang tersebar di Lampung.

BACA JUGA:Ajak Generasi Muda Untuk Menabung, Menko Airlangga Ingatkan Lifelong Learning

Salah satunya di Desa Adijaya dan Bumi Kencana, Bandar Jaya, Lampung Tengah, dilakukan penanaman langsung oleh Endah Nurhayati selaku Regional CEO BRI Lampung. Dan Hanam Fajar Nugraha selaku Kepala Auditor Wilayah BRI Lampung.

Untuk mendukung kesuksesan program BRI Menanam, jenis bibit yang ditanam di masing-masing desa sudah sesuai dengan aspirasi masyarakat desa dan kesesuaian jenis lahan sehingga bibit yang ditanam.

Tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan. Tetapi juga mampu mewujudkan kemandirian pangan. Bahkan diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan desa. Sehingga bisa menjadi salah satu sumber pendukung pertumbuhan ekonomi desa

Komitmen Bank BRI untuk terus melaksanakan gerakan BRI Menanam, tidak hanya di tahun 2022. Tetapi juga tahun berikutnya disertai komitmen untuk merawatdan terus mendukung pertumbuhan ekonomi desa melalui rangkaian program-program pemberdayaan desa dan nasabah BRI pada umumnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: