Iklan Bos Aca Header Detail

Mengulik Beragam Inovasi Sekretariat DPRD Way Kanan, Yuk Simak!

Mengulik Beragam Inovasi Sekretariat DPRD Way Kanan, Yuk Simak!

Sekertaris DPRD Way Kanan (baju putih) didampingi Anggota Komisi III DPRD Way Kanan Abu Rizal Setiawan, SH me-launching Rupuk (Ruang Publik) di DPRD Way Kanan pagi ini.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Seiring dengan usianya yang semakin dewasa, yakni 23 tahun, Kabupaten Way Kanan terus berbenah.

Upaya berbenah dilakukan dengan melakukan berbagai inonasi sebagai bentuk kesiapan memberikan pelayanan pada masyarakat.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Sekretariat DPRD Way Kanan, yang hari ini, 25 Agustus 2022, me-launching Ruang Media Center, Ruang Konsultasi, Ruang Laktasi, Ruang Ramah Anak, dan Ruang baca atau Perpustakaan Mini.


Sekretarsi DPRD Way Kanan Yusron Lutfi, SH,MM, memamerkan hasil UMKM yang ditempatkan di RUPUK DPRD Way Kanan.--

“Untuk Ruang UMKM dan konsulasi ini merupakan area publik yang ada di kantor DPRD Way Kanan dalam satu lokasi dengan memenuhi unsur standar pelayanan yang terdiri dari ruang Konsultasi, ruang Media Center, ruang Perpustakaan Mini, Ruang Ramah Anak, Ruang laktasi, dan Galeri UMKM yang Free Wifi," ujar Sekretaris DPRD Way Kanan Yusron Lutfi, SH,MM.

"Tujuan kami adalah agar dapat memberikan pelayanan serta dapat dirasakan secara langsung pada masyarakat  dalam rangka peningkatan standar pelayanan publik,” ujar Yusron Lutfi.

”Selain itu, apa yang kami lakukan ini sebagai bentuk perbaikan dalam percepatan pelayanan khususnya kepada Pimpinan dan Anggota DPRd Way Kanan, yang terus berupaya dan berkomitmen memberikan kemudahan pelayanan bagi stake holder dan masyarakat, dengan harapan inovasi ini dapat dinikmati langsung oleh Pimpinan, dan Anggota DPRD Way kanan, serta masyarakat Way Kanan umumnya,” imbuh Yusron Lutfi seraya menerangkan kegunaan ruangan–ruangan khusus tersebut.

Menurutnya, Ruang Konsultasi bermanfaat untuk wadah masyarakat menyampaikan aspirasi, sekaligus sebagai representasi komitmen DPRD Way Kanan dalam tugasnya menyerap, menghimpun, menampung, dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat dalam berinteraksi dengan DPRD Way Kanan dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan dan pembangunan dan pelayanan publik.


Sekretaris DPRD Way Kanan dan Kabag Humas DPRD Way Kanan menunjukkan Ruang Media Center di Rupuk DPRD Way Kanan yang juga dilengkapi dengan Wifi 24 jam.--

Sedangkan Ruang Media Center diharapkan menjadi sentral informasi untuk semua kinerja DPRD Way Kanan, terutama dalam fungsi pengawasan yang masih kurang optimal akibat belum terkelolanya pengaduan masyarakat ke DPRD sebagai salah satu input fungsi pengawasan.

Dengan adanya media center, semua masyarakat dapat menyampaikan pengaduannya secara lansung atau tidak langsung, karena ruangan ini dilengkapi dengan managemen pengaduan dan aspirasi masyarakat berbasis online dan offline.

Sedangkan keberadaan Perpustakaan Mini menurut Yusron, sengaja dihadirkan di Sekretariat DPRD Way Kanan dengan tujuan sebagai upaya penguatan literasi masyarakat, di mana saat hadir di Gedung Rakyat ini masyarakat dapat memanfaatkan ruangan ini untuk mengetahui dan mencari berita berkualitas, termasuk dengan produk hukum yang telah dihasilkan oleh DPRD Way Kanan secara langsung.

Lebih-lebih lagi, ruangan tersebut dilengkapi pula dengan berbagai hasil peroduksi daerah, baik berupa hasil hasil terampil masyarakat Way Kanan yang tergabung dalam UMKM berupa kerajinan tangan, peternakan, dan berbagai hasil home Industri lainnya.

Termasuk pula disiapkan ruang laktasi, ruang bermain anak yang juga dilengkapi dengan galeri UMKM, yang semuanya hasil produksi dalam negeri Way Kanan, karena tujuannya pun sekaligus dapat membantu UMKM memasarkan produk mereka, dengan Wifi 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: