5 Bulan Belum Terima Siltap, Forum Kades Lampung Timur Datangi Kantor Bupati

5 Bulan Belum Terima Siltap, Forum Kades Lampung Timur Datangi Kantor Bupati

FOTO DWI P. - Wakil Bupati Lampung Timur dan jajaran saat menerima kedatangan Forum Kepala Desa.--

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Para kepala desa (kades) Kabupaten Lampung Timur kembali mempertanyakan kejelasan pembayaran penghasilan tetap (siltap) perangkat desa. Hal itu diungkapkan para Ketua Forum kepala desa saat mendatangi Kantor Bupati Lampung Timur, Jumat 26 Agustus 2022.

Kedatangan rombongan para ketua Forum Kades se-Lampung Timur tersebut disambut Wakil Bupati Azwar Hadi, Sekretaris Kabupaten M. Jusuf, Asisten 1 Tarmizi, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Yudi Irawan, di aula utama sekretariat kabupaten.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) Lampung Timur Guna Wijaya menyatakan, sudah 5 bulan ini, yaitu sejak April hingga Agustus, para kades berikut perangkatnya belum menerima siltap. 

"Selama 22 tahun Lampung Timur berdiri, baru kali ini terjadi sampai lima bulan  siltap belum dibayar," kata Guna Wijaya. 

BACA JUGA:Gelap-gelapan, Patroli Satsamapta Polres Pringsewu Temukan Remaja Pesta Tuak

Karenanya, Guna Wijaya meminta kepastian dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur terkait pembayaran siltap. 

"Kami butuh kepastian dan bukan janji-janji manis dari Pemkab. Sebab, Siltap itu hak kami dan perangkat sampai tingkat bawah," desak Guna Wijaya yang menjabat Kepala Desa Labuhan Maringgai, Kecamatan Labuhan Maringgai.

Senada diungkapkan Kepala Desa Pasar Sukadana, Kecamatan Sukadana, Delly Solthoni Sanjaya. Menurutnya, para kades sudah cukup sabar dalam situasi seperti ini. Namun, tidak demikian dengan perangkat desa di bawahnya. "Kami mohon permasalahan ini dapat diselesaikan secepatnya," harapnya.

Sementara itu, Kades Surya Mataram, Kecamatan Marga Tiga, Ismail Subing, mengatakan, berbagai upaya telah dilaksanakan oleh Forum Kades untuk koordinasi ke Pemkab Lampung Timur. Namun hingga kini belum juga ada kejelasan. 

BACA JUGA:Acha Septriasa Jadi Pocong Segera Tayang

"Kami datang ke sini hari ini karena masih menghargai para pejabat yang berwenang. Jangan sampai masa datang lebih banyak lagi bila tidak juga ada kejelasan pembayaran siltap," kata Ismail.

Menanggapinya, Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi berjanji akan mencarikan jalan keluar agar siltap segera dibayarkan. Antara lain,  berkoordinasi dengan DPRD agar segera melakukan pembahasan APBD perubahan. 

Sebab, rencananya pembayaran siltap triwulan 2 (April hingga Juni)  dan berikutnya, akan dibayarkan melalui APBD Perubahan. "Untuk saat ini, dananya memang belum ada. Sehingga akan dianggarkan melalui APBD Perubahan," terang Azwar.

Kesempatan yang sama, Sekretaris Kabupaten Lampung Timur M. Jusuf menyatakan, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) akan berupaya mencari solusi agar segera dapat membayarkan siltap. "Secepatnya kami akan melakukan rapat pembahasan terkait anggaran siltap agar bisa terbayarkan minimal 1 triwulan," kata M. Jusuf. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: