Desember Ini, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir di Lampung

Desember Ini, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir di Lampung

Presiden Jokowi. (Foto Dok. Sekpres)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pada Desember 2022, Presiden RI, Joko Widodo dijadwalkan meresmikan bendungan Marga Tiga, Lampung Timur.

Hal ini disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Lampung, Kusnardi pada Senin, 29 Agustus di Kantornya.

"Iya insyaallah Presiden akan meresmikan bendungan Marga Tiga ini pada Desember mendatang," kata Kusnardi.

Dia menyebut pembangunan bendungan yang dilakukan oleh Kementerian PUPR itu konstruksi bangunannya sudah mencapai lebih dari 90%. Dalam persiapan peresmian, Pemprov Lampung melakukan beberapa persiapan.

BACA JUGA:BLK Bandar Lampung Resmi Beralih Menjadi Milik Kemenaker, Ini Potensinya

"Untuk bendungannya kan dibangun oleh Kementerian, kalau kami menyiapkan sarananya. Terutama jalan," kata Kusnardi.

Dia mengatakan, jalan menuju lokasi bendungan memang harus mendapatkan perbaikan.

Karenanya Pemprov Lampung akan mengebut berbagai persiapan peresmian tersebut.

"Ya kita akan segera selesaikan, karena kan pasti saat bendungan nya sudah di resmikan akan bisa langsung di manfaatkan. Bukan hanya untuk mengaliri sawah saja, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk wisata," katanya.

BACA JUGA:Mau Jadi Penerima BBM Subsidi? Ayo Buruan Daftar

Untuk diketahui, Bendungan Marga Tiga membendung aliran Sungai Way Sekampung di daerah hilir untuk dimanfaatkan sebagai pengairan Daerah Irigasi di Provinsi Lampung seluas 16.588 hektare, yakni di Jabung kanan 10.950 hektare dan DI Jabung kiri 5.638 hektare.

Bendungan yang berlokasi di Desa Negeri Jemanten dan Desa Trisinar ini memiliki kapasitas tampung 42,31 juta m3 dengan luas genangan 2.314 hektare.

Suplai air dari bendungan yang merupakan salah satu Program Strategis Nasional di bidang Sumber Daya Air ini, diharapkan dapat membantu petani meningkatkan intensitas tanamnya (200% pola tanam padi-padi).

Jika dibandingkan dengan metode tadah hujan yang hanya satu kali dalam setahun. Bendungan ini juga dipersiapkan untuk memasok air baku sebesar 0,83 m3/detik untuk Kabupaten Lampung Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: