Begini Pesan Bupati Lampung Timur kepada Atlit Pencak Silat

Begini Pesan Bupati Lampung Timur kepada Atlit Pencak Silat

FOTO PROTOKOL LAMTIM - Bupati Lampung Timur didampingi Wabup dan Ketua IPSI saat membuka kejurkab pencak silat. --

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID -Pencak silat tidak hanya sebagai olahraga beladiri semata.

Namun, pencak silat merupakan olahraga asli nusantara yang harus dijaga. Sebab, di dalamnya terdapat nilai budaya, yang harus dilestarikan secara turun-temurun, kepada para generasi bangsa.

Demikian disampaikan Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo saat membuka kejuaraan kabupaten (Kejurkab) Pencak Silat tingkat pelajar, Jumat 2 September 2022

"Dalam perkembangannya, Pencak Silat  dapat dijadikan sebagai sarana, dalam memacu diri untuk meraih prestasi,"ujar M.Dawam didampingi Wakil Bupati Azwar Hadi, Ketua IPSI Lamtim Mansyur Syah dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Marsan.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Motif 6 Anggota TNI Mutilasi Warga Mimika Papua

Dilanjutkan, sebagai keperibadian budaya bangsa. Pencak Silat juga mengandung banyak unsur pembelajaran yang baik untuk mencetak para generasi penerus,  yang sehat jasmani maupun rohani. 

Selain itu, pencak silat merupakan salah satu media untuk melatih kepercayaan diri,  serta kecerdasan secara menyeluruh.

"Bukan hanya melatih fisik untuk melakukan adu tanding, tetapi  mental dan spiritualnya, bahkan dilatih tentang kepemimpinan,"lanjut M.Dawam pada acara yang digelar di Gedung Futsal Desa Tegal Gondo Kecamatan Purbolinggo.

Lebih lanjut dijelaskan, melalui Kejurkab tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi, untuk pengembangan minat dan  bakat, bagi generasi muda dan para atlet silat. "Peningkatan skill dan prestasi atlet pencak silat Lamtim,"harap M.Dawam.

BACA JUGA:Bawa 92 Butir Pil Heximer, Warga Lampung Timur Diamankan

Karenanya, M.Dawam sangat mendukung Kejurkab Pencak Silat tersebut. Kemudian, kepada para atlit menjadi peserta Kejurkab Pencak Silat itu diharapkan dapat bertanding secara fair play.

"Kalah dan menang dalam suatu pertandingan merupakan hal yang biasa,"imbuh M.Dawam.

Kesempatan yang sama Ketua IPSI Lamtim Mansyur Syah menyatakan, Kejurkab yang diikuti pelajar tinkat SD, SMP dan SMA itu merupakan salah satu upaya mencari  bibit-bibit unggul atlet pencak silat.

"Semoga Kejurkab ini melahirkan atlit pencak silat yang mampu berprestasi di tingkat provinsi maupun nasional hingga internasional,"ujar Mansyur Syah yang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamtim. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: