Wajib Tahu! Ini Bahaya Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur

Wajib Tahu! Ini Bahaya Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur

Makanan bisa sangat mempengaruhi kesehatan seseorang. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pakar kesehatan memaparkan dampak buruk mengonsumsi makanan manis berlebihan sebelum tidur.

Meliputi risiko peradangan kronis seperti penyakit jantung, obesitas, kanker, serta diabetes, sebaimana melansir dari PMJNews.

"Gula dapat menyebabkan peradangan pada jaringan yang melapisi mulut dan tenggorokan, menyebabkan pembengkakan dan meningkatkan produksi lendir," sebut pakar neurologi, Brandon R Peters MD seperti dilaman dari Livestrong, Selasa 30 Agustus 2022.

Menurut Peters, kondisi tersebut bisa memengaruhi pernapasan, menyebabkan mendengkur, dan memperburuk sleep apnea.

BACA JUGA:Mengenal Good Girl Syndrome

Mayo Clinic menyebutkan, mendengkur dan gangguan tidur mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi harus ditanggapi dengan serius.

Tak sampai di situ, tampak buruk lain menyantap makanan mengandung gula sebelum tidur lainnya adalah bisa membuat seseorang tetap terjaga dan menyebabkan hiperaktif.

Peters mengungkapkan, hal itu disebabkan gula rafinasi yang meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, dan dipercaya dapat menyebabkan sulit untuk tertidur.

Studi dalam American Journal of Lifestyle Medicine menunjukkan, diet tinggi gula dikaitkan dengan kualitas serta durasi tidur yang buruk.

BACA JUGA:Tips Seru Jalan Kaki Ala Kemenkes RI

Konsumsi gula sebelum tidur pun bisa mempengaruhi berat badan seseorang.

Kelebihan gula bakal disimpan dalam sel-sel lemak, dan jika konsumsinya berlebihan, maka bisa menyebabkan sel-sel lemak menjadi lebih besar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: