Jangan Sepelekan, Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Dirasakan di Kaki

Jangan Sepelekan, Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Dirasakan di Kaki

Tanda-tanda gangguan kesehatan kerap terjadi di kaki. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pola hidup juga makan yang buruk dapat menyebabkan tingkat kolesterol tinggi. Meski banyak yang bisa dirasakan, tetapi sensasi pada kaki mungkin dapat memberikan petunjuk gejala kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi bisa menumpuk di arteri yang memicu masalah kesehatan. Meskipun zat lilin tak sering menarik perhatian, tapi ada satu kondisi di area tertentu yang bisa menjadi tanda kolesterol tinggi yakni dari organ kaki.

"Memiliki kadar kolesterol 'jahat' yang tinggi dapat meningkatkan pembentukan plak di arteri," ungkap portal kesehatan Saint Luke's, seperti dikutip dari laman Express.co.uk, Rabu 24 Agustus 2022.

Situs tersebut pun menjelaskan, plak adalah bahan lilin yang terbuat dari kolesterol dan hal-hal lainnya. Di saat seseorang memiliki terlalu banyak plak, arteri bisa menyempit dan membatasi aliran darah.

Begitu arteri mulai menyempit serta aliran darah menjadi terbatas, kaki juga bisa terkena dampaknya, sehingga memicu tanda peringatan, sebagaimana melansir PMJNews.

Kurangnya aliran darah ke kaki terkadang bisa menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai penyakit arteri perifer (PAD). Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menjelaskan bahwa kondisi umum ini bisa memicu rasa sakit saat berjalan.

Seseorang dapat merasakan sakit di bagian kaki ketika berdiri ataupun berjalan. Dia menambahkan bahwa rasa sakitnya pun dapat dirasa relatif ringan hingga parah, dan biasanya hilang setelah beberapa menit ketika kaki diistirahatkan terlebih dulu.

Kedua kaki sering terasa nyeri ketika yang sama, meskipun rasa sakitnya mungkin lebih buruk di satu kaki. Selain rasa sakit di kaki, PAD pun dapat muncul dengan gejala lain, antara lain:

- Kerontokan bulu kaki

- Mati rasa atau kelemahan pada kaki

- Kuku kaki rapuh dan tumbuh lambat

- Bisul (luka terbuka) di kaki yang tidak sembuh-sembuh

- Perubahan warna kulit pada kaki, seperti menjadi pucat atau biru

- Kulit mengkilap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: