Warning! 5 Kebiasaan Ini Wajib Dihindari Agar Panjang Umur

Warning! 5 Kebiasaan Ini Wajib Dihindari Agar Panjang Umur

Kesadaran menjaga kesehatan muncul dari diri kita sendiri. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Menjalani pola hidup sehat dan berkualitas merupakan salah satu upaya guna memperpanjang usia. Menurut catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, harapan hidup rata-rata kini adalah 77 tahun.

"Kebiasaan buruk dapat mengurangi tahun dari umur kita," ungkap seorang profesor kesehatan masyarakat di New Mexico State University, dr Jagdish Khubchandani.

Seperti melansir dari laman Eat This Not That, berikut ini lima hal yang harus segera dihentikan jika ingin memperpanjang umur sekaligus hidup sehat dan berkualitas.

1. Hindari Duduk Lama

Khubchandani mengungkapkan, kini banyak orang menjalani kehidupan lebih "menetap" dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Survei Penggunaan Waktu Amerika terbaru menunjukkan bahwa orang menghabiskan lebih banyak waktu hanya duduk.

BACA JUGA:Warning! 5 Kebiasaan Ini Wajib Dihindari Agar Panjang Umur

2. Makan Terlalu Banyak dan Tidak Sehat

Dr Khubchandani memaparkan, makanan adalah obat, tetapi manusia juga cenderung menggunakan makanan untuk mengatasi stres, merayakan sesuatu, serta lainnya.

Akibatnya, individu bisa menderita diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, dan kanker. Penyebab umum sehari-hari yakni minuman manis, keripik, dan kue.

3. Stres

Dr Khubchandani mengungkapkan, stres bisa jadi salah satu kematian. "Baik stres maupun isolasi adalah silent killer,” kata dia.

Setiap hari, seseorang harus memiliki rencana hidup, jadwal, teknik manajemen stres yang tergabung dalam rutinitas, cuti guna bersosialisasi dan bertemu keluarga, teman, dan berolahraga.

BACA JUGA:Jangan Sepelekan, Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Dirasakan di Kaki

4. Hindari Konsumsi Alkohol, Tembakau, hingga Narkoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: