Selalu Ada Kasus Setiap Bulan, Sudah 80 Warga Metro Terjangkit DBD

Selalu Ada Kasus Setiap Bulan, Sudah 80 Warga Metro Terjangkit DBD

Ilustrasi nyamuk yang menularkan virus Demam Berdarah Dengue (DBD). (Pixabay/Nuriyah)--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan Kota Metro, Lampung, mencatat sebanyak 80 warga virus dari nyamuk Aides Aegepty. Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro drg. Erla Andrianti mengatakan, meski tak meningkat signifikan, tetapi jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bumi Sai Wawai terus bertambah.

“Demam berdarah memang tidak banyak. Di bulan Agustus kemarin ada tambahan 1 orang. Kasus DBD tertinggi di Januari ada 60 kasus. Di total, ada 80 kasus,” katanya.

Jumlah kasus DBD jika dibandingkan tahun lalu menunjukkan penurunan.  Namun, kasus DBD tersebut tetap dipantau hingga akhir tahun nanti. Meski tak ada peningkatan signifikan, namun kasus DBD selalu ada di setiap bulannya.

Diantaranya, penyebaran di bulan Januari hingga 60 kasus, Februari ada 10 kasus, dan Maret 3 kasus. Lalu, di bulan Mei 1 kasus, Juni 3 kasus, Juli 2 kasus, serta Agustus 1 kasus.

BACA JUGA:Capai 81 Kasus, Dua Kecamatan di Mesuji Rawan DBD

“Untuk tahun lalu tidak banyak kasus. Misalkan dibandingkan tahun lalu memang ada penurunan. Tahun lalu ada 138 kasus. Tapi ini belum sampai akhir tahun, kita lihat sampai akhir tahun. Semoga memang menurun,” tukasnya. 

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Metro mengajak seluruh masyarakat untuk mengantisipasi bertambahnya kasus DBD dengan melakukan 4M plus. Serta melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). 

“Seluruh masyarakat juga harus sama-sama  bergerak. Kita sudah lama mengantisipasinya.  Kita juga minta untuk bergotong royong memberantas sarang nyamuk. Puskesmas juga sudah kita minta untuk bersama kelurahan untuk menggerakkan gerakan serentak PSN,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: