Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Anda Ingin Jadi Volunteer

Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Anda Ingin Jadi Volunteer

Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Anda Ingin Jadi Volunteer-cvmenarik.com-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Anda tentu sudah familiar dengan istilah volunteer atau relawan, bukan? Nah, banyak kalangan yang memahami bahwa volunteer hanya berhubungan dengan bencana saja dan seorang volunteer diperlukan untuk membantu proses evakuasi yang sedang dilakukan ataupun memberikan bantuan terutama kebutuhan dasar bagi para korban yang ada di penampungan.

Memang, volunteer diperlukan dalam penanganan bencana. Akan tetapi, sebenarnya, volunteer memiliki pengertian yang lebih luas dan tugas yang lebih beragam.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal untuk memahami lebih lanjut apa itu volunteer berikut apa yang perlu dipersiapkan ketika Anda ingin bergabung.

Penasaran? Simak ulasannya!

BACA JUGA:Tingkatkan Skill Digital Talent, BRI Hadirkan Metaverse untuk Pembelajaran Pekerjanya

Sekilas Tentang Volunteer

Dalam pengertian singkat, volunteer merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang dengan sukarela tanpa adanya tanda jasa, termasuk fee atas tenaga, pikiran dan waktu yang diberikan.

Oleh karenanya, dalam istilah lain volunteer sering disebut dengan istilah sukarelawan atau relawan saja.

Ada banyak pandangan mengenai alasan kenapa kegiatan volunteer tidak mendapatkan bayaran. Dalam hal ini, peran volunteer tidak dibayar bukan karena mereka tidak berharga, tetapi karena apa yang mereka lakukan tidak bisa dinilai secara materi.

Seperti yang disinggung di atas, umumnya masyarakat hanya mengetahui bahwa volunteer diperlukan saat adanya bencana untuk membantu proses pemulihan.

BACA JUGA:Tips Mengelola Invoice yang Tepat dengan Aplikasi Invoice Online Indonesia Serta Tips Memilihnya

Memang, hal tersebut benar. Tetapi, volunteer juga diperlukan dalam kegiatan lainnya seperti sosialisasi LSM lingkungan, bantuan untuk mengajar, dan lainnya.

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Menjadi Volunteer?

Ketika ingin menjadi seorang volunteer untuk kegiatan tertentu, misalnya penanganan pada bencana alam yang sedang terjadi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: