Ratu Elizabeth II Meninggal, Pangeran Charles Otomatis Menjadi Raja Inggris

Ratu Elizabeth II Meninggal, Pangeran Charles Otomatis Menjadi Raja Inggris

FOTO BBC - Ratu Elizabeth II Meninggal. --

RADARLAMPUNG.DISWAY.ID - Ratu Elizabeth II yang menjadi raja terpanjang di Inggris meninggal pada usia 96. Istana Buckingham mengatakan, Ratu Elizabeth II meninggal pada hari Kamis, 8 September 2022.

Putra tertuanya, Charles yang berusia 73 tahun langsung menjadi raja. Anggota keluarga kerajaan, termasuk Pangeran William, berada di kediamannya di Balmoral di Skotlandia.

Pengumuman itu muncul sehari setelah Ratu Elizabeth II, kepala negara berusia 96 tahun, raja terlama di Inggris, menarik diri dari pertemuan yang direncanakan dengan penasihat politik seniornya dan disuruh beristirahat.

Ratu telah dirundung masalah kesehatan sejak Oktober tahun lalu yang membuatnya kesulitan berjalan dan berdiri.

BACA JUGA:Presiden Instruksikan Percepat Persiapan Piala Dunia U-20 2023, Begini Penjelasan Menpora

"Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan dia untuk tetap berada di bawah pengawasan medis," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan.

"Sang Ratu tetap nyaman dan berada di Balmoral," tambah istana.

Hari sebelumnya, sang ratu mengadakan audiensi di Balmoral dengan Perdana Menteri Boris Johnson dan menunjuk penggantinya, Liz Truss.

Pernyataan istana tentang kesehatan ratu sangat tidak biasa dan muncul setelah dia tampak terlihat lemah dalam beberapa bulan terakhir, dan serangkaian penarikan dari keterlibatan publik.

BACA JUGA:Diduga Tersambar Petir, Tangki Penyimpanan BBM Pertamina Meledak hingga Terbakar

Dia telah berjalan dengan bantuan tongkat dan juga terlihat awal tahun ini di Chelsea Flower Show berkeliling situs dengan kereta bermotor.

"Istana tidak mengeluarkan buletin tentang kesehatan ratu kecuali itu penting," kata komentator dan penulis kerajaan Robert Hardman dilansir dari BBC.

Pada bulan Februari, sang ratu dibaringkan oleh serangan Covid yang dia akui telah membuatnya "kelelahan". Dalam sebuah pernyataan resmi, Istana hanya mengatakan bahwa ratu telah menderita "masalah mobilitas episodik" tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Dia menghabiskan malam yang tidak dijadwalkan di rumah sakit di pusat kota London pada Oktober 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: