Cheng Yu Pilihan: Ketua Umum Kadin NTT Bobby Lianto, Tian Wai You Tian

Cheng Yu Pilihan:  Ketua Umum Kadin NTT Bobby Lianto, Tian Wai You Tian

--

MESKI sudah sukses sejak muda, Bobby Lianto tidak mau menjadi sombong. Sebab, "人外有人, 天外有天," tegas Bobby, belum lama ini. 

Pepatah Tiongkok yang dibaca "rén wài yǒu rén, tiān wài yǒu tiān" itu artinya kira-kira, Di atas ahli masih ada ahli, di atas langit masih ada langit.

"Manusia tidak ada yang sempurna. Perlu saling belajar. Jangan merasa diri kita lebih pandai dari orang lain," tegas Bobby.

Ketua Umum Kadin NTT ini seperti hendak mengajak kita untuk meneladani falsafah padi, kian berisi kian merunduk. 

Jangan sampai menjadi manusia yang terjangkit Dunning–Kruger effect. Dalam istilah ilmu psikologi. Yaitu sindrom yang diidap oleh orang yang tidak mengerti apa-apa, namun menganggap dirinya paling hebat dari yang lainnya.

"Merendahlah, dan engkau tidak akan dapat direndahkan. Mengalahlah, dan engkau tidak akan dapat dikalahkan," kata Bobby, yang memiliki nama Mandarin Li Chengyuan 李成源. 

Persis yang diajarkan al kitab, "Barang siapa meninggikan diri, ia akan direndahkan; dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan" (Luk. 14:11).

Karena itu, "Kita harus rendah hati dan percaya ada Tuhan di atas langit," imbuh Bobby.

Atau, dalam bahasa al quran surah Yusuf ayat 76, "Wafauqa kulaa dzii 'ilmin 'aliim" (dan di atas setiap orang yang berpengetahuan, ada yang lebih mengetahui). (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: