Gempa Tektonik 4,9 Magnitudo dirasakan di Tanggamus

Gempa Tektonik 4,9 Magnitudo dirasakan di Tanggamus

Gempa tektonik 4,9 Magnitudo dirasakan di Tanggamus, Lampung. Gempa terjadi pada pukul 18.18 WIB, Selasa, 13 September 2022 malam--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gempa tektonik 4,9 Magnitudo dirasakan di Tanggamus, Lampung. Gempa terjadi pada pukul 18.18 WIB, Selasa, 13 September 2022 malam.

Berdasarkan keterangan yang termuat dalam akun Instagram Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II, Tangerang, @bmkgwilayah2, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto menjelaskan ihwal kejadian gempa tersebut.

Menurut hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 4,9 Magnitudo dengan episenter terletak pada koordinat 5.7 LS dan 104.25 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 53 km BaratDaya TANGGAMUS-LAMPUNG pada kedalaman 41 kilometer.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Djunaidi Buka Festival Olahraga Pendidikan se-Provinsi Lampung Tahun 2022

"Untuk jenisnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia," kata Hartanto.

Akibatnya, gempa ini berdampak ikut dirasakan sejumlah daerah termasuk di Krui, Pesisir Barat; Liwa, Lampung Barat dan Tanggamus dengan Skala Intensitas II MMI atau hetaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," katanya.

BACA JUGA:Ini Alasan Pelanggan Listrik 450 VA Dihapus

Hingga berita ini diturunkan, dan berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

BMKG memberikan himbauan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: