PKM di Sekolah Binaan, Tim UTI Terangkan Pentingnya Learning Manajement System

PKM di Sekolah Binaan, Tim UTI Terangkan Pentingnya Learning Manajement System

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema sekolah binaan di SMK Minhadlul Ulum, Kecamatan Tegineneng, Pesawaran. FOTO HUMAS UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA --

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.IDUniversitas Teknokrat Indonesia (UTI) kembali menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema sekolah binaan di SMK Minhadlul Ulum, Kecamatan Tegineneng, Pesawaran.

Tim PKM dari Universitas Teknokrat Indonesia terdiri dari Jupriyadi, S.Kom., M.T. selaku Ketua PKM. Dibantu dosen Andi Nurkholis, S.Kom., M.Kom.; Donaya Pasha, M.Kom. dan Adi Sucipto, S.Kom., M.T.

Turut mengikuti kegiatan, tiga mahasiswa program Studi S1 Teknologi Informasi. Yaitu Ilham Muhammad Ghoffar, Nadia Aftirah dan Muhammad Hamdan Sobirin.

Ketua Tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia Jupriyadi mengatakan, pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini mengakibatkan kegiatan belajar mengajar tatap muka dilakukan secara terbatas. Baik jumlah jam pelajaran dan siswa yang hadir di sekolah. 

BACA JUGA: Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Dialog Dengan Anggota DPRD Bandar Lampung

"Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan secara terbatas, maka dibutuhkan suatu platform pembelajaran jarak jauh agar KBM tetap dapat berjalan dengan baik, sehingga siswa dapat belajar secara online saat tidak mendapatkan jadwal belajar tatap muka d isekolah," kata Jupriyadi, Rabu 21 September 2022.

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke SMK Minhadlul Ulum Tegineneng untuk berdiskusi terkait kendala yang dihadapi saat kegiatan belajar mengajar secara online.

"SMK Minhadlul Ulum dalam KBM secara online sudah mempergunakan suatu platform pembelajaran jarak jauh. Namun dalam pelaksanaannya, penyimpanan data belum terpusat dan masih dilakukan oleh masing-masing guru sehingga menyulitkan dalam hal evaluasi dan monitoring," papar Jupriyadi.

Kemudian, sekolah membutuhkan LMS (Learning Manajement System) untuk mendukung KBM secara online (http://lms.smkmutegineneng.sch.id) secara mandiri, sehingga data-data KBM secara online pada SMK Minhadlul Ulum dapat tersimpan terpusat. 

BACA JUGA: Tim Universitas Teknokrat Indonesia Implementasikan Sistem Kandang Sapi Cerdas Berbasis IoT

Dalam PKM tersebut dilaksanakan pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) berupa sistem e-learning (pembelajaran jarak jauh) untuk membantu proses pembelajaran dalam jaringan, yang merupakan hibah internal pengabdian dari Universitas Teknokrat Indonesia. 

Kepala SMK Minhadlul Ulum diwakili Waka Bidang Kurikulum Siti Rohana, S.Kom mengucapkan terima kasih kepada tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia atas penerapan LMS dan pelatihan yang telah diberikan. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan potensi guru dalam penggunaan e-learning SMK Minhadlul Ulum serta fitur-fitur yang ada didalamnya.

"Kami berharap dengan sistem ini, pembelajaran terhadap siswa kami semakin berkualitas baik pembelajaran luring maupun daring,” kata Siti Rohana, S.Kom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: