UniRank 2022 : UIN Raden Intan Lampung Salah Satu Kampus Islam Terbaik Dunia

UniRank 2022 : UIN Raden Intan Lampung Salah Satu Kampus Islam Terbaik Dunia

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) menjadi salah satu kampus terbaik versi lembaga pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) menjadi salah satu kampus terbaik versi lembaga pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank.

Hasil dari UniRank tahun 2022, UIN RIL menduduki urutan ke-19 dari 25 universitas terbaik dunia.

"Alhamdulillah, pemeringkatan ini merupakan rekognisi bagi UIN Raden Intan Lampung, hal ini sesuai dengan visi kita untuk menjadi kampus rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu-ilmu keislaman yang integratif multidisipliner berwawasan lingkungan," ungkap Rektor UIN RIL, Prof. Wan Jamaluddin Z, M.Ag., Ph.D.

BACA JUGA:Kondisi Gunung Anak Krakatau : 2 Kali Alami Gempa pada Kamis 22 September 2022

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat Lampung.

"Semoga UIN Raden Intan Lampung semakin dikenal dikancah Internasional," harapnya.

Perlu diketahui, UniRank membuat pemeringkatan guna menyediakan tabel liga non-akademik dari Universitas Islam terbaik di dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dapat dipengaruhi oleh sumber yang disediakan intelijen web independen dari data yang dikirimkan oleh Universitas itu sendiri.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca di Lampung Hari Ini, Kamis 22 September 2022

Dalam pemeringkatan, lembaga UniRank melakukan penilaian dengan beberapa kriteria, antara lain: Perguruan tinggi telah diakui dan mendapat lisensi atau akreditasi dari lembaga yang memiliki kewenangan di Indonesia.

Kemudian, Perguruan tinggi menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktor); Perguruan tinggi menggelar kuliah terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, maupun jarak jauh atau online.

Dari hasil penilaian UniRank 2022, Universitas Kairo Mesir menjadi kampus Islam terbaik di Dunia. Disusul Universiti Islam Antarabangsa Malaysia dan Shahid Beheshti University of Medical Sciences Iran di peringkat kedua serta ketiga.

BACA JUGA:Anggaran Rp25,74 Triliun Dialokasikan Pemerintah untuk Gaji PPPK Daerah, Berikut Ini Pembagiannya

Sedangkan untuk universitas Islam di Indonesia, ada 9 kampus yang masuk daftar top 25. Peringkat terbaik diraih oleh Universitas Islam Indonesia (UII) di peringkat ke-9. Kemudian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di peringkat ke-13.

Untuk peringkat top 25 Universitas Islam terbaik di Dunia, berikut ini daftarnya.

Sumber: