Sekkab Tanggamus Hadiri Penyerahan CSR PT Pertamina Trans Kontinental

Sekkab Tanggamus Hadiri Penyerahan CSR PT Pertamina Trans Kontinental

Sekkab Tanggamus Hamid H. Lubis menghadiri penyerahan bantuan program CSR PT Pertamina Trans Kontinental. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sekretaris Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis menghadiri penyerahan bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Trans Kontinental dan PT Bina Persada Semesta. 

Kegiatan tersebut berlangsung di objek wisata Muara Indah, Kelurahan Baros, Kecamatan Kotaagung, Kamis 22 September 2022. 

Sekkab Hamid Heriansyah Lubis mewakili Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas penyerahan bantuan program CSR kepada para nelayan dan posyandu di Kelurahan Baros. 

"Saya berharap langkah PT Pertamina Trans Kontinental ini dikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya yang beroperasi di Kabupaten Tanggamus," kata Hamid Heriansyah Lubis. 

Bantuan CSR PT Pertamina Trans Kontinental yang disampaikan oleh PT Bina Persada Semesta terdri dari 30 paket PMT (pembagian makanan tambahan) untuk balita dan 30 paket untuk lansia, ditambah 50 paket PMT untuk balita dari Bupati Tanggamus. 

Selanjutnya, alat kesehatan untuk tiga posyandu, 36 piece alat pancing dan jaring untuk 30 nelayan, bantuan air bersih dan rehab satu unit MCK di RT.08, Kelurahan Baros.

Pemberian bantuan kepada posyandu ini sangat tepat. Terlebih, Pemkab Tanggamus saat ini sedang berupaya untuk menurunkan angka stunting yang masih tinggi dan terjadi pada anak balita di kabupaten itu.

”Dengan pemberian bantuan PMT bagi balita ini merupakan stimulus dan pendorong kuat bagi kita dan seluruh kelompok masyarakat untuk bersama-sama menurunkan angka stunting di seluruh wilayah Kabupaten Tanggamus,” papar Hamid Heriansyah Lubis. 

Selanjutnya pemberian bantuan berupa alat tangkap ikan ini sangat baik. Sebab wilayah Kelurahan Baros terletak di Pesisir Pantai Teluk Semaka. Di mana, sebagian besar warganya bermata pencaharian sebagai nelayan.

”Dengan adanya bantuan ini, maka diharapkan hasil tangkapan nelayan semakin banyak, penghasilan pun semakin tinggi. Muaranya adalah kesejahteraan para nelayan di wilayah ini semakin meningkat,” tegasnya.

 Sementara Port Manager Teluk Semaka PT Mariene Pertamina Trans Kontinental Teguh Anandika menerangkan, CSR tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial perusahaan yang beroperasi di perairan Teluk Semaka.

"Sebelum CSR ini diberikan, kita asesmen terlebih dahulu. Program apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga paling tidak sedikit banyaknya membantu masyarakat. Khususnya di Kelurahan Baros, umumnya Kabupaten Tanggamus," kata Teguh Anandika.

Dijelaskan, untuk tahun 2022 ada enam program CSR yang dijalankan dan sedang berjalan. Terdiri dari program peningkatan kesehatan balita dan lansia, peningkatan kader posyandu, perilaku hidup bersih dan sehat serta sarana air bersih, pemberdayaan nelayan jaring rampus, pemberdayaan petani, serta pemberdayaan peternak.

"CSR Pertamina telah berjalan dari 2021 lalu dan tahun ini. Insya Alah pada 2023 mendatang, manajemen dari pusat akan mengalokasikan kembali. Kita harapkan bantuan ini dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: