PLN Raih The Best SOE in Digital Service Transformation 2022

PLN Raih The Best SOE in Digital Service Transformation 2022

Penghargaan The Best SOE in Digital Service Transformation 2022 dalam ajang Infobank The Best State-Owned Enterprise Award 2022 yang diraih PLN. --

BALI, RADARLAMPUNG.CO.ID - PT PLN (Persero) mendapat penghargaan sebagai The Best SOE in Digital Service Transformation 2022 dalam ajang Infobank The Best State-Owned Enterprise Award 2022, di Bali, Kamis 22 September 2022. 

Penghargaan tersebut menjadi bukti jika tranformasi yang dilakukan PLN berjalan dengan baik. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penghargaan tersebut merupakan kehormatan bagi seluruh tim PLN. 

"Karena transformasi di PLN ini, bukan saja hanya dilakukan oleh Dirut atau BOD saja. Tetapi oleh perjuangan seluruh pegawai PLN," kata Darmawan. 

BACA JUGA: Tukang Ojek di Pesisir Barat Bakal Dapat Bansos, Segini Nilainya

Menurut Darmawan, PLN telah melakukan transformasi sejak dua setengah tahun lalu. PLN melakukan inovasi dan efisiensi. Di mana, digitalisasi sebagai pondasinya. 

Digitalisasi tersebut menyentuh berbagai aspek. Mulai dari pembangkit, transmisi dan distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan hingga pelayanan kepada pelanggan. 

"Sistem pelayanan pelanggan menjadi lebih cepat. Sistem keuangan dan sistem pengadaan menjadi lebih efisien. Sistem operasional kelistrikan menjadi lebih andal," papar Darmawan. 

Transformasi yang terus berjalan itu membuahkan hasil. Hal itu tercermin dari kinerja keuangan PLN yang meningkat di 2021.

BACA JUGA: Waduh! Website Pemprov Lampung Diretas

Bahkan menjadi yang terbaik sepanjang sejarah PLN. Pendapatan penjualan dan EBITDA mengalami peningkatan. 

Kemudian, biaya pokok penyediaan berhasil ditekan dan utang PLN dibayar lebih cepat. Sehingga, ada cost saving yang besar sampai lima tahun ke depan. 

"Alhamdulillah juga, masyarakat menyambut perubahan kami. Dalam dua tahun ini pengguna PLN Mobile naik dari hanya puluhan ribu, menjadi 29 juta pengguna. Rating meningkat, dari hanya 2,5 menjadi 4,8. Salah satu yang terbaik di Asia Tenggara," ujarnya. 

Darmawan menuturkan, dalam proses transformasi PLN, ada perubahan tata kelola, struktur, skillset, hingga core kompetensi demi membuat PLN menjadi perusahaan yang forward looking. 

Sumber: