Unila Gelar Talkshow Kesiapan Transformasi SDM Aparatur

Unila Gelar Talkshow Kesiapan Transformasi SDM Aparatur

--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDUniversitas Lampung menggelar talkshow Kesiapan Transformasi SDM Aparatur, Jumat 23 September 2022. 

Kegiatan yang berlangsung usai rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis Unila ke-57di GSG tersebut menghadirkan dua narasumber. 

Mereka adalah Plt. Ditjen Diktiristek Prof. Nizam Ph.D dan Deputi Bidang Aparatur dan SDM Kemenpan RB Dr. Alex Denni.

Dipandu Wakil Dekan II FEB Unila Habibullah Jimad, didampingi didampingi Plt. Rektor Unila Dr. Mohammad Sofwan Effendi.

BACA JUGA: Bentrok Antar Mahasiswa, Ini Kata Plt. Rektor Unila

Dalam penyampaian materi dengan tema kebijakan transformasi perguruan tinggi di era Kampus Merdeka,, Prof Nizam mengatakan, tranformasi SDM disertai transformasi organisasi juga dibutuhkan karena perubahan lingkungan yang terjadi sangat cepat.

"Khususnya lingkungan teknologi, budaya, tata kelola di luar perguruan tinggi itu berubah dengan sangat amat pesat, sehingga tidak ada pilihan lain untuk setiap organisasi untuk berubah dan beradaptasi dengan perubahan itu, seperti yang dikatakan Chales Darwin," kata Prof. Nizam.

Jika organisasi tidak mengikuti perubahan, terus Prof. Nizam, maka akan seperti nasib perusahaan Kodak dan Nokia. Karena tidak beradaptasi dengan perubahan.

"Nah, saat ini jika kita melihat perguruan tinggi, dunia berubah dengan sangat cepat. Misalnya perbankan yang beradaptasi dengan online banking,” sebut dia.

BACA JUGA: KPK Sebut Modus Korupsi Kian Masuk Lingkungan Keluarga

”Jadi, adik-adik harus belajar menyiapkan diri untuk kompetensi yang baru. Dunia 4-5 tahun ke depan adalah dunia yang berbeda dengan hari ini. Jadi silahkan mereflesikan balik, apa yang sama dan apa yang berubah dan beradaptasi dengan perubahan," tegas Prof. Nizam.

Tidak hanya itu. Dosen juga diminta untuk membekali para mahasiswa agar bisa beadaptasi dengan dunia baru. Yakni dengan kompetensi yang lebih maju lagi.

"Itulah spirit dari Kampus Merdeka dan kita sering lupa bahwa perguruan tinggi itu adalah jembatan dunia pendidikan ke dunia kerja. Peran perguruan tinggi sendiri untuk mengantarkan (mahasiswa) menemukan masa depannya," jelas Prof. Nizam.

Selain itu, Career Centre harus dirubah untuk membantu mahasiswa menemukan passion, kebisaan, dan karir kedepannya sejak pertama kali menginjakan diri di kampus Unila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: