Cheng Yu Pilihan: Sekjen FOBI Xaverius Djunair, Zhan Zhan Qing Tian

Cheng Yu Pilihan: Sekjen FOBI Xaverius Djunair, Zhan Zhan Qing Tian

--

SEKJEN Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) Xaverius Djunair ingin menjadi orang yang selalu menjalankan filosofi barongsai. 

”Laksana seekor singa jantan yang gagah perkasa membela kebenaran dan menegakkan keadilan," kata Xaverius Djunair di sela-sela Kejuaraan Barongsai Pengprov FOBI Jawa Timur yang dihelat di ITC, Surabaya, Minggu 25 September 2022. 

Seperti yang digambarkan Guan Hanqing 关汉卿 dalam naskah dramanya, Dou E Yuan (窦娥冤), "湛湛青天" (zhàn zhàn qīng tīan). Berlaku tegak lurus dan adil.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Rektor Ubaya Benny Lianto, Yi Shi Tong Ren

Memang, seperti ditegaskan Lucius Calpurnius Piso Caesoninus, Fīat jūstitia ruat cælum (hendaklah keadilan ditegakkan meskipun langit akan runtuh).

Al Quran juga menghendaki demikian. Dalam surah An-Nisa' ayat 135, Allah memerintahkan kita untuk menjadi penegak keadilan yang tidak tebang pilih. 

Rasulullah Muhammad juga mengingatkan, Qulil haq walaw kaana murroo (katakanlah yang benar, sekalipun pahit).

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Ketua Yayasan Masjid Chneg Hoo Abdullah Nurawi, Bai Ren Cheng Jin

Pun ajaran Hindu. Dianjurkan untuk meneladani sifat dewa Yama yang adil itu.

Untuk bisa begitu, Sang Buddha mengajarkan agar tidak grusa-grusu. Sebab, dalam Dhammapada 256 dijelaskan, Na tena hoti Dhammaṭṭho yenatthaṁ sahasā naye, yo ca atthaṁ anatthañ-ca ubho niccheyya paṇḍito.

Artinya, Ia yang memutuskan segala sesuatu dengan tergesa-gesa, tidak dapat dikatakan sebagai orang yang adil. Orang bijaksana hendaknya memeriksa dengan teliti mana yang benar dan mana yang salah.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Dosen UNU Cirebon Achyar Al Rasyid, Yi Nian Shu Gu, Shi Nian Shu Mu, Bai Nian Shu Ren

Lantas, bagaimana agar tidak serampangan dalam mengambil tindakan? Filsuf agung Konfusius dalam kitab Lun Yu (论语) menyarankan, Jangan berspekulasi, jangan hakulyakin pada satu informasi, jangan ngotot, jangan merasa benar sendiri" (毋意, 毋必, 毋固, 毋我 wú yì, wú bì, wú gù, wú wǒ). (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: