Peningkatan Produksi Benih Ikan Gabus, Tim Pengabdian Unila Latih Pokdakan Mesuji

Peningkatan Produksi Benih Ikan Gabus, Tim Pengabdian Unila Latih Pokdakan Mesuji

Foto Tim Pkm Unila : Tim Pengabdian UNILA berfoto bersama Pokdakan Maju Bersama Mesuji usai memberikan Pelatihan guna Peningkatan Produksi Benih Ikan Gabus Kontinyu dan Berkualitas.--

MESUJI, RADAR LAMPUNG.CO.ID - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung (Unila), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) skema program kemitraan masyarakat dengan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) Maju Bersama MESUJI sejak awal tahun 2022.

 

Rangkaian kegiatan PkM ini antara lain adalah melakukan penyuluhan dan pelatihan penerapan hasil riset dosen tentang inovasi teknologi pembenihan dan pendederan ikan gabus di Desa Sungai Badak, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji pada Juni sampai Juli 2022.

 

Dimana, Jurusan Perikanan Kelautan Fakultas Pertanian berkolaborasi dengan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unila telah melakukan berbagai penelitian yang berkaitan dengan teknologi pembenihan dan pendederan gabus serta manajemen usaha kecil dan rencana bisnis produk-produk pertanian secara luas. 

 

Pelaksana pelatihan sekaligus pemateri di Ketuai oleh Munti Sarida (Dosen Jurusan Perikanan Kelautan Fakultas Pertanian), dengan anggota Dorothy Rouly H. Pandjaitan (Dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unila) dan Hilma Putri Fidyandini (Dosen Jurusan Perikanan Kelautan Fakultas Pertanian).

 

Munti Sarida selaku Ketua tim PkM menjelaskan latar belakang melakukan PkM terhadap pokdakan Maju Bersama Mesuji karena beberapa hal. 

 

Diantaranya, Pokdakan memiliki terbatasnya ketersediaan benih dan lambatnya pertumbuhan ikan gabus. Sehingga, solusi yang diberikan oleh tim PkM Unila adalah memfasilitasi kegiatan berupa transfer teknologi berupa penyuluhan dan pelatihan pembenihan gabus dengan menerapkan teknologi pemijahan semi buatan menggunakan hormon ovaprim.

 

Selain itu, untuk meningkatkan pertumbuhan gabus yang lambat maka dipraktikkan aplikasi hormon pertumbuhan rekombinan dari kerapu kertang pada benih gabus dengan metode perendaman dan lewat pakan (oral).  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: