Wagub Nunik Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Wagub Nunik Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022. Foto Adpim--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Wakil Gubernur LAMPUNG, Chusnunia, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022.

Upacara tersebut mengusung tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila", yang berlangsung di Lapangan Korpri, Sabtu 1 September 2022.

Wagub Chusnunia yang akrab disapa Nunik membacakan sambutan presiden RI mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan satu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Namun, eksistensi keindonesiaan sebagai bangsa berkesatuan dan berketuhanan masih bertahan berkat idiologi Pancasila," katanya.

Lebih lanjut, Nunik menyampaikan, bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara," sambungnya.

Nunik menambahkan, bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.

Upacara tersebut diikuti oleh perwakilan unsur TNI/Polri, BPBD Provinsi Lampung, Satpol PP Provinsi Lampung, Korpri, dan Siswa SMA/SMK.

Tampak hadir pada upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Forkopimda Provinsi Lampung serta Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: