Salurkan Kemampuan, Disdikbud Lampung Sebar Ratusan Guru dalam Program Guru Mengabdi

Salurkan Kemampuan, Disdikbud Lampung Sebar Ratusan Guru dalam Program Guru Mengabdi

Foto ilustrasi guru. (Pixabay)--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung menggelar Program Guru Mengabdi.

Program ini dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara merata bagi satuan pendidikan jenjang SMA di Provinsi Lampung.

Program Guru Mengabdi ini bisa disebut menjadi yang pertama  di Indonesia.

Lantaran hal ini merupakan implementasi salah satu janji kerja Gubernur Lampung  Arinal Djunaidi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan perlindungan anak.

BACA JUGA:Hingga Batas Waktu Berakhir, Sejumlah Sekolah di Lampung Barat Tak Setor Data Non-ASN

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Provinsi Lampung Hendra Putra menyatakan, ada 121 orang guru yang berasal dari berbagai daerah sengaja direkrut guna mengikuti program tersebut. Terhitung sejak 3 Oktober 2022.

"Sebanyak 121 orang guru yang berasal dari Bandar Lampung, Metro, Pringsewu, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Pesawaran. Nantinya mereka ditempatkan di 4 kabupaten (Pesisir Barat, Lampung Barat, Way Kanan, dan Mesuji)," kata Hendra Putra, Minggu 2  Oktober 2022.

Program ini cukup menarik.

Lantaran para guru bakal ditempatkan  di rumah para pamong atau rumah masyarakat setempat selama satu pekan untuk mengembangkan kemampuannya.

BACA JUGA:Wujudkan Kurikulum Merdeka Belajar, 14 Sekolah di Mesuji Jadi Sekolah Penggerak

"Guru ini akan ditempatkan di rumah kepala sekolah tempat mengabdi, rumah salah satu guru, atau di rumah penduduk, yang jelas dipilih yang jarak rumahnya berdekatan dengan sekolah tempat mengabdi," ungkap Hendra.

Selain membagikan potensi para guru-guru tersebut kepada sekolah tempat mengabdi, targetnya adalah guru ini bisa mengimbaskan kemampuan terbaiknya dalam melaksanakan proses pembelajaran, pembinaan kesiswaan, dan memberikan pendampingan kepada guru-guru di sana.

Saat ditanya apa keuntungan yang didapat oleh para guru dalan program tersebut?

Selain pengembangan diri, Hendra menyebut, banyak hal akan didapat. Utamanya mengaktuliasasi diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: