Aisyah University Jajaki Kerjasama Dengan Binus dan Universitas Bakrie

Aisyah University Jajaki Kerjasama Dengan Binus dan Universitas Bakrie

Aisyah University (Universitas Aisyah Pringsewu) terus melakukan inovasi dalam upaya penguatan kelembagaan melalui Tri Dharma perguruan tinggi. Salah Satunya penjajakan kerjasama dengan Binus University (Universitas Bina Nusantara) dan Bakrie University.--

BACA JUGA: Kado Milad Ke-3, Universitas Aisyah Pringsewu Kantongi Izin Pembukaan Program Studi Baru

Tidak hanya di kampus, dalam upaya mengamalkan Tri Dharma perguruan tinggi yang merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia, UAP juga melakukan pengabdian ke masyarakat. 

Yaitu kegiatan yang berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat dengan menerapkan hasil kepakaran bidang ilmu pengetahuan dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dan memajukan kesejahteraan bangsa. 

Salah satu program PKM yang dilaksanakan oleh dosen Program Studi Teknik Informatika, Prodi Rekayasa Perangkat Lunak, Program Studi S1 Gizi, Aisyah University melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. 

Di lingkungan Pekon Ngarip, Kecamatan Ulubelu Tanggamus terdapat kelompok petani kopi yang terdiri dari wanita dan pria berlatar pendidikan paling tinggi SMA/SMK. 

BACA JUGA: Go Internasional, Universitas Aisyah Pringsewu moU Dengan MAHSA University Malaysia

Mereka mendirikan sendiri usaha kopi yang diberi nama Kopi Srikandi untuk meningkatkan pendapatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka. 

Bidang usaha kopi Srikandi merupakan usaha mikro yaitu suatu jenis usaha yang cukup populer dan tersebar di Indonesia. 

Kepopuleran usaha petani kopi adalah karena disebabkan oleh produk yang dihasilkan oleh petani kopi, yaitu kopi yang sudah menjadi kebutuhan dasar manusia.

Karena itu, market untuk usaha kopi akan selalu ada. Produk yang dihasilkan oleh kopi Srikandi ini adalah kopi bubuk. 

BACA JUGA: Pertama di Lampung, Universitas Aisyah Pringsewu Buka Prodi Kebidanan Program Magister

Usaha ini didirikan bersama-sama oleh  kelompok warga di Pekon Ngarip, Kecamatan Ulubelu, Tanggamus. 

Usaha ini sudah berjalan hampir lima tahun dan cukup prospektif, dengan jumlah permintaan yang tinggi. 

Namun usaha hanya berjalan di tempat dan tidak mengalami perkembangan berarti.

Senin 26 September 2022, dosen dan mahasiswa Aisyah University melakukan pendampingan dan pembinaan yang dilaksanakan di aula Pekon Ngarip. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: