Satu Tiyuh di Kabupaten Tulang Bawang Barat Diresmikan

Satu Tiyuh di Kabupaten Tulang Bawang Barat Diresmikan

Peresmian Tiyuh baru di Tubaba. Foto dok--

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (TUBABA) Lampung, Dr. Zaidirina meresmikan Tiyuh Definitif Mekar Asri Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT) sekaligus melantik tiga Pj.Kepala Tiyuh. Kegiatan peresmian dan pelantikan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Bupati TUBABA, Selasa 4 September 2022.

Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho, Kapolres di Wakili Kapolsek TBT Kompol Ansori. Dandim 0412 LU, Kejari, Sekda, Kasubbdit Fasilitasi Tata Wilayah Desa Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Kepala Balai Pemerintahan Desa Lampung, Biro Otda Provinsi Lampung, para Kepala OPD Pemkab Tubaba, para Camat, dan tamu undangan lainnya. Zaidirina mengatakan, peresmian Tiyuh Mekar Asri ini merupakan usulan dari enam tiyuh definitif yang sebelumnya telah di resmikan pada 25 Agustus lalu.

"Dengan resminya Tiyuh Mekar Asri, maka total jumlah Tiyuh di Kabupaten Tubaba pada tahun ini terdapat 100 Tiyuh (Desa) dan 3 Kelurahan," terangnya.

Dijelaskan, peresmian Tiyuh definitif Mekar Asri juga sekaligus melantik Pj.Kepala Tiyuhnya. Namun , selain melantik Pj.Kepala Tiyuh Mekar Asri tersebut , juga dilakukan pelantikan untuk dua Pj.Kepala Tiyuh lainnya yaitu, Pj.Kepala Tiyuh Margo Mulya Kecamatan Batu Putih dan Pj.Kepala Tiyuh Balam Jaya Kecamatan Way Kenanga, karena Kepala Tiyuh sebelumnya Sugiyanto dan dan Zanuri meninggal dunia.

"Adapun tiga Pj.Kepala Tiyuh yang dilantik itu adalah Dwi Suryanto , S.Psi , sebagai Pj.Kepala Tiyuh Mekar Asri, Murhasan S.E. , Pj.Kepala Tiyuh Margo Mulya, dan Harun, S.E sebagai Pj.Kepala Tiyuh Balam Jaya," jelasnya.

Zaidirina juga berpesan agar Pejabat Kepala Tiyuh yang dilantik hari ini dapat melakukan 10 tugas pokok, yaitu , 1 ) Melihara ketenteraman dan tepat

Memelihara ketenteraman dan masyarakat , 2. Bersikap dan bertindak adil , tidak memihak serta tidak mempersulit dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, 3) . Pelaksanaan tata pemerintahan Tiyuh yang bersih dan bebas dari Kolusi , Korupsi dan Nepotisme , 4 ) . Menjalin hubungan kerja dengan seluruh mitra kerja Pemerintahan Tiyuh , 5 ) . Menaati dan memastikan peraturan peraturan - undangan. 6) . Menyelenggarakan administrasi Pemerintahan Tiyuh yang baik , 7 ) . Membina , mengayomi dan dengan nilai - nilai sosial budaya dan adat istiadat , 8 ) . perjanjian dan lingkungan hidup , 9 ) . menjaga persatuan dan kesatuan , dan 10 ) . Melaksanakan semua ketentuan yang berlaku bagi Kepala Tiyuh .  

Pada kesempatan itu juga , Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa melalui Kasubdit Fasilitasi Wilayah Desa Kemendagri, Satria Gunawan , menyampaikan . Berdasarkan penilaian dari Tim Mendagri , maka tahun ini seluruh tiyuh Persiapan di Tubaba dinyatakan telah memenuhi persyaratan dan mendapat Kode Desa.

" Permintaan kepada Pemkab Tubaba agar dapat mendorong dan melihat pembangunan terhadap Desa yang baru Definitif ini , baik dari segi administrasi , sumber daya Aparatur Tivuhnya, hingga sarana prasarana untuk gkatan kesejahteraan masyarakat . Adapun Pelantikan Berdasar Keputusan Bupati Nomor B/238/1113/HK/TUBABA/2022 Tentang Pemberhentian Kepalo Tiyuh dan Pengangkatan Pejabat Kepalo Tiyuh Balam Jaya Kecamatan Way Kenanga. Keputusan Bupati Nomor B / 239 / 11.13 / HK / TUBABA / 2022 Tentang Pemberhentian Kepalo Tiyuh dan Pengangkatan Penjabat Kepalo Tiyuh Margo Mulya Kecamatan Batu Putih . Dan Keputusan Bupati Nomor B / 240 / 11.13 / HK / TUBABA / 2022 Tentang Pengangkatan Penjabat Kepalo Tiyuh Mekar Asri Kecamatan Tulangbawang Tengah," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: