DID Lampung Barat Tahun 2022 Turun, Ini Penyebabnya

DID Lampung Barat Tahun 2022 Turun, Ini Penyebabnya

ILUSTRASI/FOTO NET--

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah pusat mengucurkan dana insentif daerah (DID) sebesar Rp 11 miliar lebih untuk Lampung Barat pada tahun 2022.

“Dana insentif daerah telah masuk ke kas daerah sebesar Rp 11 miliar lebih atau 100 persen,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Lampung Barat Okmal.

Menurut Okmal, tahun lalu Lampung Barat menerima DID dari pemerintah pusat sebesar Rp 31,611 miliar lebih. Namun tahun ini hanya mendapatkan Rp 11,559 miliar. 

BACA JUGA: Bupati Dendi Ramadhona Paparkan Potensi Pesawaran ke Paguyuban Dubes RI

“Dana insentif daerah yang akan diterima Kabupaten Lampung Barat tahun ini turun dratis. Bahkan penurunannya mencapai sekitar Rp 20 miliar dibanding tahun lalu,” sebut dia. 

Dilanjutkan, faktor turunnya jumlah DID yang diterima Lampung Barat tahun 2022 dikarenakan pagu anggaran dari pemerintah pusat mengalami penurunan.

Ini menyebabkan dana yang akan diterima Kabupaten Lampung Barat juga berkurang. 

BACA JUGA: Kisah Hendra Sosok 'Ayah Sejuta Anak' Asal Lampung, Dulu Dipuji, Kini Justru Masuk Bui

“Namun kita berterima kasih kepada pemerintah pusat karena telah mengalokasikan dana insentif daerah untuk Lampung Barat,” ucapnya.

Lebih lanjut Okmal mengungkapkan, DID merupakan salah satu dana transfer umum dari pemerintah pusat yang dialokasikan untuk memberikan insentif atau penghargaan kepada daerah atas kinerja pemerintah daerah dalam perbaikan percapaian kinerja di bidang tata kelola keuangan daerah.

Kemudian pelayanan umum pemerintahan, pelayanan dasar publik, dan kesejahteraan masyarakat. 

BACA JUGA: Sedih! Ini Nasib Warga di Daerah Terisolir Pesisir Barat yang Sakit

“Tahun ini merupakan kesepuluh kalinya Lambar menerima kucuran dana dari Kementerian Keuangan. DID ini digunakan  sesuai dengan program atau kegiatan skala prioritas daerah," urainya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: