Polinela bersama Kabupaten Pesawaran dan Perhiptani Gelar TOT di Desa Sungai Langka dan Wiyono

Polinela bersama Kabupaten Pesawaran dan Perhiptani Gelar TOT  di Desa Sungai Langka dan Wiyono

Foto Tim Pengabdian Polinela : Foto bersama usai TOT yang diselenggarakan Tim Pengabdian Polinela bersama Kabupaten Pesawaran dan Perhiptani--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka mengisi Kerjasama Politeknik Negeri Lampung (Polinela)  bersama Kabupaten Pesawaran dan Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) telah menggelar Training of Trainer (TOT) pada Sabtu, 6 Agustus 2022  di Kampus Polinela.

Kegiatan Polinela ini dihadiri oleh Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono,M.Si , Ketua DPW Perhiptani Provinsi Lampung, Ir. Sutono, MM , Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab Pesawaran fisky virdous,S.Hut dan Seluruh Ketua tim dan tim pengabdian Kabupaten Pesawaran. 

Polinela menurunkan tim untuk pelaksanaan Pengabdian Masyarakat di Desa Sungai Langka dan Wiyono, Kec Gedong Tataan Kab. Pesawaran. 

Tim ini terdiri dari 6 kelompok yang mencakup bidang perkebunan, peternakan, pangan dan hortikultura, ekonomi bisnis, pariwisata dan teknologi informasi.

Tim ini di Ketuai oleh Dimas Prakoswo Widiyani S.P., M.P mendapatkan amanat dari Wakil Direktur Bidang kemahasiswaan dan kerjasama Polinela, Agung Adi Chandra, S.Kh., M.Si.

Ketua Tim Pengabdian Polinela, Dimas Prakoswo Widiyani S.P., M.P menyampaikan kegiatan pengabdian tersebut juga merupakan tindak lanjut dari kerjasama Polinela dan Pemda Pesawaran. 

Lebih rinci,  Dimas menyampaikan bahwa pada bidang perkebunan tim pengabdian di ketuai dirinya (Dimas Prakoswo Widiyani, S.P., M.P) dengan topik budidaya kakao.

Lalu, Bidang peternakan di ketuai oleh Agung Adi Chandra S.Kh., M.Si.,  Bidang Pangan dan hortikultura di ketuai oleh Ir. Zainal Mutaqin, M.Si., Bidang Ekonomi bisnis diketuai oleh Sri Handayani, S.P., M.E.P., Bidang pariwisata di ketuai oleh Eksa Riduwansyah, S.E., M.Buss., Ak., C.A., dan bidang IT diketuai oleh Oki Arifin, S.Kom., M.Cs.

Selanjutnya peserta yang dihadirkan terdiri dari 18 petani dari desa sungai langka dan wiyono serta 4 pendamping. 

Dimas juga menyampaikan bahwa Kegiatan TOT merupakan pendalaman materi yang diberikan oleh para pemateri masing-masing bidang terutama dalam Penguatan kemampuan dan informasi ini diharapkan mampu membantu memajukan masyarakat khususnya bidang pertanian dan pariwisata di desa sungai langka dan wiyono.

"Kami berharap para petani dan pendamping  kedepannya mendapatkan penambahan ilmu dan kemampuan sebagai pelopor di desanya masing-masing," ujarnya.

Selanjutnya, pada hari kamis 1 September 2022 tim pengabdian Polinela melaksanakan turun lapang mendampingi mahasiswa PKN di desa Sungai langka tepatnya di balai dusun Sungai langka.

Sementara, Wakil Direktur Bidang kemahasiswaan dan kerjasama Polinela, Agung Adi Chandra, S.Kh., M.Si juga menambahkan Kegiatan TOT sekaligus menjadi supervise mahasiswa Praktek Kerja Nyata (PKN) juga sebagai ajang ceremonial tim pengabdian Polinela dalam upayanya menciptakan desa binaan yaitu Desa Sungai Langka dan Wiyono sebagai kawasan wisata kampong kakao Pesawaran.

"Kegiatan ini juga diiringi dengan penanaman simbolis bibit kakao dari Polinela sebagai tanda kerjasama antara Polinela, Perhiptani dan Kabupaten Pesawaran, yang harapannya kegiatan ini akan terus berlangsung untuk terwujudnya desa binaan yang berhasil," harap Agung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: