Siaga Bencana di Pringsewu, Pemkab dan TNI-Polri Ambil Langkah Ini

Siaga Bencana di Pringsewu, Pemkab dan TNI-Polri Ambil Langkah Ini

Jajaran Forkopimda mengecek kesiapan peralatan penanganan bencana. Salah satunya mobil pemadam kebakaran BPBD Pringsewu. --

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.ID - Gabungan aparat kepolisian, TNI, BPBD dan unsur terkait lainnya disiagakan mengantisipasi terjadinya bencana alam di Pringsewu. 

"Bencana alam dapat terjadi kapan dan di mana saja. Sebagai langkah antisipasi, perlu kesiapan dari seluruh unsur. Mulai dari pemerintah, jajaran TNI-Polri, BPBD serta stakeholder lainnya," kata Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi.

AKBP Rio Cahyowidi mengungkapkan, seluruh unsur harus memastikan kesiapsiagaan satuan tugas, peralatan, ketersediaan pangan dan kebutuhan lain yang diperlukan dalam mengantisipasi terjadinya bencana. 

Terlebih di Kabupaten Pringsewu diketahui rawan terjadinya bencana seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor. 

BACA JUGA: Satu Lagi Korban Tenggelam di Pantai Batu Balai Ditemukan Meninggal Dunia

Hal ini seperti peringatan yang disampaikan BMKG, bahwa curah hujan tinggi terjadi dibeberapa wilayah Indonesia sejak awal Oktober 2022 ini. 

Untuk wilayah Sumatera, diprediksi curah hujan dengan katagori menengah.

Kepala Pelaksana BPBD Pringsewu Edi Sumber Pamungkas mengungkapkan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumya, di kabupaten itu terjadi beberapa kali bencana alam. 

Bencana banjir terjadi di wilayah Kecamatan Pardasuka dan angin puting beliung di Kecamatan Adiluwih.

BACA JUGA: Iwan Palera Dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Tanggapan Sopian Sitepu Selaku Kuasa Hukum Maya Sofa

"Dalam menghadapi kemungkinan datangnya bencana tersebut, telah menyiapkan sarana dan prasarana dan juga personel," kata Edi Sumber Pamungkas. 

Diketahui, bersama unsur lainnya, Polres Pringsewu menggelar apel siaga dan gelar peralatan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana di wilayah kabupaten itu, Senin 10 Oktober 2022.

Kegiatan di Mapolres Pringsewu itu diikuti anggota Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, Damkar, Dishub, Tagana, relawan ormas serta pihak terkait lainnya. 

Usai apel, Kapolres AKBP Rio Cahyowidi,  Penjabat Bupati Pringsewu yang diwakili Asisten 3 Hasan Basri, Dandim 0424/Tanggamus Letkol Arm. Micha Arruan, Kepala BPBD Edi Sumber Pamungkas dan pejabat lain meninjau sarana prasarana penunjang penanganan bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: