Modal Minim, Ini Tips Bangun Rumah dengan Biaya Rp 100 Jutaan

Modal Minim, Ini Tips Bangun Rumah dengan Biaya Rp 100 Jutaan

Membangun rumah dengan anggaran Rp 100 juta ternyata memungkinkan karena rerata harga dalam pembangunan rumah berada pada kisaran Rp 3 juta per m2, ungkap Interior Expert Pinhome, Shania Tahir.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ternyata membangun rumah dengan anggaran Rp 100 juta bukan hal mustahil dan memungkinkan terjadi.

Sebab, menurut Interior Expert Pinhome, Shania Tahir, rerata harga dalam pembangunan rumah berada pada kisaran Rp 3 juta per m2.

Menurut Shania, jumlah tersebut sudah termasuk ongkos upah tenaga kerja beserta material yang dibutuhkan.

“Biasanya, bangunan Rp 3 juta per m2 memiliki spesifikasi fondasi pasangan batu kali, dinding tembok batu bata plester aci finish cat, plafon gypsum rangka kayu atau hollow, lantai keramik, dan atap genteng rangka baja ringan, juga sudah termasuk ongkos tenaga kerjanya,” bebernya.

BACA JUGA:Jawaban Anies Baswedan saat Ditanya Penyebab Banjir Jakarta: Akibat Banyaknya Air yang Jatuh Bersamaan

Shania melanjutkan, ukuran rumah yang bisa dibangun menggunakan anggaran Rp 100 juta dengan harga rata-rata Rp 3 juta per m2 yakni luas bangunan yang bisa dibangun sekitar 34 m2 dengan variasi ukuran bangunan mencakup 4m x 8m = 32 m2, 5m x 7m = 35 m2, 6m x 6m = 36 m2, dan 7m x 5m = 35 m2.

Tak hanya itu, Shania pun membeberkan sepuluh desain rumah yang dapat dibangun dengan bermodalkan Rp100 juta, salah satunya rumah kubus minimalis.

Rumah kubus minimalis memunyai ciri khas modern. Kelebihan lainnya yaitu lantaran kebutuhan lahan yang tidak terlalu besar.

Bila lahan yang dimiliki ukurannya tidak terlalu luas, pemilik hunian dapat mengaplikasikan model rumah murah jenis ini.

BACA JUGA:Mulai 12 Oktober 2022, Paspor Masa Berlaku 10 Tahun Diterbitkan

Kedua yakni rumah kontainer minimalis. Rumah jenis ini banyak digunakan terutama di luar negeri lantaran harganya lebih murah dibandingkan membangun rumah menggunakan dinding.

Walaupun menggunakan kontainer sebagai rumah, pemilik rumah tetap bisa mendesainnya sebagus mungkin supaya memiliki tampilan yang cantik dan elegan.

Pemilik rumah dapat menambahkan jendela juga pintu dari kaca yang akan menambah kesan minimalis pada rumah. 

Selain itu, penggunaan kaca pada pintu pun memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah, sehingga rumah mendapatkan pencahayaan alami yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin