Dinas PMD Mesuji Tingkatkan Pelayanan Mandiri Smart Village Berbasis Digital

Dinas PMD Mesuji Tingkatkan Pelayanan Mandiri Smart Village Berbasis Digital

Kepala Dinas PMD Mesuji Anwar Pamuji. (foto dok. radarlampung.co.id)--

MESUJI, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mesuji berupaya meningkatkan pelayanan mandiri smart village (desa cerdas) berbasis digital.
Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Ekonomi Desa Rahmatullah mewakili Kepala Dinas PMD Mesuji Anwar Pamuji, Rabu 12 Oktober 2022.
Menurutnya, sebanyak 35 dari 105 desa di tujuh kecamatan yang ada di Mesuji sudah terdaftar dalam lokus smart village.
Dirinya menjelaskan, melalui pelatihan operator smart village, semua data penduduk dan data pendukung lainnya dapat di-input kedalam data smart village.
BACA JUGA:Fantastis! Harga Jual Kylian Mbappe Masih Tinggi

"Sehingga desa akan lebih cepat dalam pelayanan administrasi kebutuhan data masyarakat dan kebutuhan masyarakat," lanjutnya.

Aplikasi manual diberikan secara gratis oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung.

"Tentu masih banyak keterbatasan dalam pengoperasian menu-menu yang kita butuhkan," tuturnya.

Ke depan, desa dapat menganggarkan perangkat lunak aplikasi premium agar lebih up to date dalam mengimpor menu-menu sesuai yang diperlukan oleh masing-masing desa.

BACA JUGA:Usai Ditetapkan Tersangka, Rizky Billar Terancam 5 Tahun Penjara
"Hadirnya smart village ini mudah-mudahan semua desa dapat memberikan pelayanan secara digital terhadap administrasi kependudukan yang ada di desa," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: