ADD Januari-Agustus di Pesawaran Cair, Segini Jumlahnya

ADD Januari-Agustus di Pesawaran Cair, Segini Jumlahnya

Foto ilustrasi uang. (Pixabay)--

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesawaran telah menyalurkan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD 2022.

Terhitung Januari-Agustus sebesar Rp 46,9 miliar atau 65 persen dari total Rp 72,4 miliar untuk 144 desa.

"Untuk ADD periode September-Oktober kita belum menerima pengajuan dari Dinas PMD," kata Kepala BPKAD Pesawaran Yosa Rizal melalui Sekretaris Iswanto.

Iswanto mengungkapkan, pencairan ADD Juli-Agustus masih menyisakan beberapa desa lagi yang belum mengajukan pencairan

BACA JUGA: Soal Pembayaran Kelebihan Kantong Darah, Ini Kata Kepala Diskes Pesawaran

Sedangkan, dari periode September-Oktober, hingga saat ini belum ada pengajuan. Hal itu mengingat realisasi PBB masih banyak di bawah 65 persen

"Belum ada pengajuan dari PMD. Untuk penyaluran ADD sudah non tunai. Ditransfer ke rekening masing masing desa," sebut dia. 

Sementara Kepala Dinas PMD Pesawaran Zuriadi mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu rekomendasi dari kecamatan untuk 13 desa yang belum mengajukan pencairan ADD periode Juli- Agustus. 

"Sampai saat ini kami belum menerima permohonan pencairan dari desa melalui kecamatan," sebut Zuriadi. 

BACA JUGA: Gara-gara Amplop Hajatan Berisi Uang Mainan, Suami Tega Cekik Istrinya Sendiri Hingga Tewas

Dijelaskan, untuk periode September-Oktober, hingga saat ini belum satu desapun yang mengajukan. Meskipun ada sekitar 42 desa dengan realisasi PBB sudah diatas 65 persen. 

Selain persyaratan PBB, pengajuan ADD juga harus dilengkapi laporan realisasi pengunaan ADD periode Juli- Agustus. Kemudian melampirkan bukti lunas pembayaran BPJS 

"Kita sudah berkirim surat ke kecamatan terkait sejumlah persyaratan yang memang sudah menjadi ketentuan dan harus dipenuhi desa untuk pengajuan ADD," desa. 

Diketahui, dari 102 desa di Pesawaran yang belum mencapai realisasi penerimaan PBB sebesar 65 persen pada Oktober, terbanyak ada di Kecamatan Negeri Katon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: