Waspada Cuaca Ekstrim Selama Enam Hari Kedepan

Waspada Cuaca Ekstrim Selama Enam Hari Kedepan

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memperingatkan adanya cuaca ekstrim yang mungkin terjadi enam hari kedepan mulai Minggu, 15 Oktober hingga 21 Oktober mendatang.

Melalui Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Harianto menyebutkan potensi cuaca ekstrem masih dapat terjadi di hampir sebagian besar wilayah Lampung.

Sebab, kondisi atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup kompleks dan dinamis untuk sepekan kedepan, yang dipengaruhi oleh fenomena atmosfer global, regional ataupun lokal.

"Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya Siklon Tropis SONCA di sekitar Laut China Selatan sebelah timur Vietnam, tepatnya di sekitar 14.2°LU 111.4°BT dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistem mencapai 35 knots (64 km/h) dan tekanan udara minimum di pusatnya mencapai 998 mb," kata Rudi, Minggu, 15 Oktober 2022.

BACA JUGA:Residivis Narkoba Ditangkap Bobol Sekolah di Mesuji

Dia menambahkan Siklon Tropis SONCA ini bergerak ke arah barat-barat laut dengan kecepatan 6 knots (10 km/h) memasuki daratan Vietnam.

Keberadaan sistem TC SONCA ini membentuk pola belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktifitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian utara ekuator.

"Dampak tidak langsung yang terjadi dari adanya sistem bibit siklon tersebut adalah potensi hujan Sedang-Lebat yang disertai kilat/petir/angin kencang di wilayah Lampung," tambah Rudi.

Sementara itu, beberapa gelombang ekuatorial masih cukup aktif di wilayah Indonesia, dimana fenomena Gelombang Kelvin, Rossby Ekuatorial, dan fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) masih dapat berkontribusi dalam meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan kedepan.

BACA JUGA:Upaya Penyelamatan Kawasan Hutan Bakau Terakhir di Bandar Lampung, Walhi Tanam Kembali 500 Batang Mangrove

Pada 15 Oktober : waspada potensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di Mesuji, Lampung Timur, Tulang Bawang dan Lampung Tengah.

Pada 16 Oktober: waspada potensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di Pesisir Barat, Lampung Barat dan Tanggamus.

Pada 17 Oktober: waspada potensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di Pesisir Barat, Lampung Barat, dan Tanggamus. Pada malam hari di wilayah Way kanan, Tulang Bawang Barat, Mesuji dan Tulang Bawang.

Pada 18 Oktober: waspada potensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di sebagian besar wilayah Lampung. Pada malam hari di Waykanan, Tulangbawang, Lampung Tengah, Mesuji, Lampung Timur, Pesawaran, Tanggamus, dan Pesisir Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: