Pemkab Mesuji Bangun TPS-3R di Dua Desa

Pemkab Mesuji Bangun TPS-3R di Dua Desa

Radar Lampung Online - Disway National Network-radarlampung.co.id-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Mesuji membangun tempat pembuangan sampah reduce, reuse, recycle (TPS-3R) di dua desa.

Kabid Sanitas dan Air Minum Dinas PUPR Mesuji, Pratiwi mengatakan proyek tersebut dibangun di Desa Brabasan Kecamatan Tanjungraya, dan Desa Fajarbaru Kecamatan Pancajaya.

"Proyek ini nilainya Rp1,2 miliar atau satu unit TPS-3R sebesar Rp600 juta. Proyek ini menggunakan dana alokasi khusus (DAK) pusat," ungkap Pratiwi, minggu 16 Oktober 2022.

Menurutnya, tempat pengolahan sampah itu dilengkapi satu mesin pencacah, dua motor sampah jenis bentor, dan 200 kotak sampah yang dapat menampung 200 sampah rumah tangga per hari.

BACA JUGA:Dua Pria dan Satu Wanita Muda Pesta Narkoba

"Dalam pengolahan sampah, kami melibatkan Desa dan Dinas Lingkungan Hidup guna menentukan sampel sampah yang akan diolah atau reduce, reuse, recycle," katanya.

Saat ini, sambung Pratiwi, Pembangunannya sudah sampai 90 persen.

Hasil pengolahan sampah organik menjadi pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam di lahan sekitar TPS untuk dijual dan meningkatkan kualitas hasil pengomposan akan diterapkan teknologi kompos cacing (kascing).

BACA JUGA:Lengah, Pencuri Curi Dua Handphone Dalam Rumah

"Kalau sampah yang tidak bisa digunakan akan dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Margorahayu, Kecamatan Simpangpematang," Jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: